10 Aturan Penting Perawatan Anak Anjing

10 Aturan Penting Perawatan Anak Anjing – Memiliki anak anjing bisa sangat menyenangkan dan sangat bermanfaat – namun, ada banyak tanggung jawab yang terlibat. Di sini, kami telah menyusun daftar ‘aturan penting’ untuk membantu mengingatkan Anda tentang beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang membesarkan anak anjing.

10 Aturan Penting Perawatan Anak Anjing

Aturan 1: Pelatihan dimulai pada hari pertama.

acvimfoundation – Karena anjing tidak dilahirkan sepenuhnya terlatih, anak anjing Anda akan mencari bimbingan dari Anda. Pelatihan yang baik memainkan peran besar dalam memastikan hubungan yang bahagia dan sukses antara Anda dan anjing Anda. Melalui pelatihan, anjing Anda akan belajar memahami apa yang diharapkan teman manusia mereka dari mereka dan lebih siap untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru mereka. Demikian juga, semakin baik Anda memahami perilaku anjing Anda, hubungan Anda akan semakin bermanfaat.

Baca Juga : Kebutuhan Yang Harus Disediakan Saat Merawat Hewan Peliharaan

Aturan 2: Anak anjing membutuhkan makanan yang lengkap dan seimbang.

Apa yang Anda beri makan anak anjing Anda benar-benar penting. Faktanya, mereka membutuhkan nutrisi khusus dengan jumlah protein, lemak, mineral, dan vitamin yang tepat. Makanan anak anjing juga harus seimbang sehingga mereka menerima jumlah nutrisi yang tepat. Makanan harus terkonsentrasi untuk memungkinkan mereka mengambil semua nutrisi yang dibutuhkan dengan sedikit makanan. Dan selalu pastikan anak anjing Anda mendapat banyak air segar dan bersih.

Aturan 3: Jaga agar anak anjing Anda terawat dengan baik.

Mulailah merawat anak anjing Anda sejak usia dini. Semakin dini anjing Anda mengetahui prosedurnya, semakin mudah mereka akan terbiasa. Ciptakan hubungan positif dengan memasangkan perawatan dengan camilan.

Aturan 4: Anak anjing membutuhkan perawatan gigi secara teratur.

Merawat gigi anak anjing Anda sekarang akan mencegah banyak masalah di kemudian hari. Faktanya, masalah kesehatan nomor satu untuk anjing, selain kelebihan berat badan, adalah penyakit periodontal (juga dikenal sebagai penyakit gusi). Akumulasi karang gigi dan plak dan gingivitis yang dihasilkan dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius. Jadi mulailah menyikat gigi anak anjing Anda sekarang, karena sebagian besar anjing berusia di atas dua tahun yang belum menerima perawatan gigi secara teratur mengalami masalah gigi ini.

Aturan 5: Latih anak anjing Anda setiap hari

Bagian dari rutinitas normal untuk anak anjing yang sehat adalah olahraga teratur. Jumlah yang dibutuhkan anjing Anda tidak hanya bergantung pada ukurannya, tetapi juga pada jenisnya. Namun, jangan membuat kesalahan dengan melatih anak anjing Anda secara berlebihan. Tulang anak anjing yang sedang tumbuh belum cukup kuat untuk mengatasi tekanan ekstra yang diberikan pada mereka.

Aturan 6: Pemeriksaan dokter hewan secara teratur

Idealnya, Anda harus memilih dokter hewan bahkan sebelum membawa pulang anak anjing Anda. Kemudian, setelah anak anjing Anda pulang, Anda harus membawanya ke dokter hewan pada hari berikutnya atau lebih untuk pemeriksaan keseluruhan. Dalam beberapa bulan pertama, akan ada beberapa kunjungan ke dokter hewan untuk berbagai vaksinasi dan spaying/neutering. Setelah anak anjing Anda mencapai usia dewasa, setidaknya satu kunjungan setahun diperlukan untuk memastikan kesehatan mereka yang berkelanjutan.

Aturan 7: Berikan pemeriksaan kesehatan anak anjing Anda di rumah.

Anda dapat memainkan peran besar dalam menjaga kesehatan anak anjing Anda dengan melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah. Memeriksa berat badan, bulu dan kulit, mata dan telinga, gigi dan gusi, dan melakukan pemeriksaan di tempat dapat mencegah masalah kecil berubah menjadi masalah besar. Ini juga membantu anak anjing Anda menjadi terbiasa untuk dipegang.

Aturan 8: Perkenalkan anak anjing Anda ke anjing lain.

Salah satu cara terbaik untuk mengajarkan tata krama anjing yang baik adalah dengan membiarkan anak anjing Anda berinteraksi dengan anjing dewasa. Kebanyakan anjing dewasa tidak akan agresif terhadap anak anjing meskipun kadang-kadang, anjing besar akan menemukan cara untuk menempatkan anak anjing di tempat mereka, mungkin dengan geraman atau jentikan. Jangan cegah anjing dewasa melakukan hal ini, karena ini adalah cara anak anjing belajar membatasi kekuatan gigitannya dan cara mengendalikan diri.

Aturan 9: Hadiahi perilaku yang baik.

Penguatan positif adalah cara yang ampuh untuk membuat anak anjing Anda menjadi anggota keluarga yang berperilaku baik. Hadiahi mereka dengan hadiah atau pujian ketika mereka melakukan apa yang diminta. Ini akan mendorong pengulangan perilaku yang baik dan akan meningkatkan kemungkinan bahwa mereka akan mengulangi perilaku yang diinginkan di masa depan.

Baca Juga : Cara Merawat Kebutuhan Dasar Anjing Anda

Aturan 10: Bersabarlah.

Membesarkan anak anjing membutuhkan banyak cinta dan bahkan lebih banyak kesabaran. Didiklah diri Anda sendiri dengan membaca sebanyak mungkin tentang memelihara anjing, berbicara dengan orang tua anjing lain, dan berkomunikasi dengan dokter hewan Anda. Ini akan menghilangkan banyak “kejutan” di sepanjang jalan, dan akan menempatkan Anda di jalur yang tepat untuk membangun hubungan yang kuat dan tahan lama dengan anak anjing Anda yang luar biasa.

Share this: