Cara Benar Merawat Hewan Peliharaan

Cara Benar Merawat Hewan Peliharaan

Cara Benar Merawat Hewan Peliharaan – Apa perbedaan dari hewan peliharaan dan hewan ternak? Tentu berbeda dan sangat menarik jika dicari perbedaanya. Hewan peliharaan adalah hewan yang dapat dijadikan sebagai teman bermain sehari – hari di dalam maupun di luar rumah. Sedangkan hewan ternak atau hewan pekerja merupakan hewan yang dengan sengaja dipelihara hanya untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi.

Hewan peliharaan dapat dikatakan sebagai salah satu hewan yang setia dengan majikannya seperti anjing dan kucing. Tak hanya itu, hewan peliharaan memiliki ciri khas yang sangat menarik yaitu karakter suara yang indah. Pada umumnya, seseorang dapat memelihara hewan apapun di dalam rumah, namun di jaman yang berkembang ini banyak mereka yang memelihara hewan – hewan kecil seperti anjing, kucing, ikan, Kelinci, dan burung.

Cara Memelihara Kesehatan Hewan Peliharaan Di Rumah
Memiliki hewan peliharaan pribadi atau yang biasa disebut dengan pets merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun, diperlukan kesabaran dan ketelatenan untuk memelihara hewan peliharaan di rumah karena diperlukan adanya perawatan yang benar agar hewan tidak mudah sakit sehingga tidak mengganggu kesehatan sang pemilik. Cara memelihara kesehatan hewan peliharaan, yaitu :
– Vaksinasi
Untuk mencegah penyakit yang muncul pada hewan peliharaan dapat dicegah dengan cara melakukan vaksinasi. Seberapa penting vaksin bagi hewan peliharaan? Tentu, vaksin bagi kehidupan hewan peliharaan sangatlah penting. Terdapat beberapa hewan yang memang dapat dengan mudah terserang penyakit seperti rabies, lectospirosis dan distemper. Maka dari itu vaksin dapat digunakan sebagai pencegahan penyakit pada hewan peliharaan.

– Anti parasit
Parasit hadir dalam tubuh hewan peliharaan untuk mengganggu berlangsungnya kehidupan dalam berbagai bentuk secara internal dan eksternal. Guna melakukan pencegahan parasit pada tubuh hewan peliharaan, berilah hewan peliharaan dengan obat anti parasit seperti obat cacing dan obat kutu.

– Memberi makanan yang tepat
Makanan yang tepat bagi hewan peliharaan adalah makanan yang membuat bulunya tidak rontok dan tidak muntah saat dimakan. Makanan yang diberian kepada hewan peliharaan juga harus seimbang yaitu mengandung nutrisi yang cukup bagi hewan peliharaan dan sesuaikan dengan pencernaan yang dimiliki hewan peliharaan tersebut.

– Perhatikan kesehatan gigi dan mulut
Tak hanya manusia, hewan pun perlu diperhatikan berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulutnya. Salah satu cara paling sederhana adalah memberi makanan yang sesuai dengan pertumbuhan giginya. Jika diketahui tumbuh karang gigi, akan memberi efek luar biasa seperti bau mulut hingga infeksi menuju organ dalam serta memberi efek yang berbahaya bagi kehidupan hewan peliharaan.

– Memberi tempat yang nyaman
Tempat yang nyaman akan membuat hewan semakin terjaga baik dari segi kesehatan maupun hal – hal lainnya. Kondisi suhu lembab akan membuat kesehatan tubuh hewan peliharaan menjadi terganggu. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk memberikan tempat nyaman yang jauh dari tempat penyakit dan di pinggir jalan agar hewan peliharaan anda dapat merasakan kenyamanan dan ketenangan di dalam rumah. Ini seperti halnya ketika anda sedang bermain judi online, anda memerlukan tempat yang tenang dan nyaman untuk mendapatkan fokus & konsentrasi tinggi pada permainan yang sedang anda mainkan.

Kelima cara pemeliharaan hewan peliharaan sangat dianjurkan untuk diterapkan sehari – hari untuk hewan peliharaan agar hewan peliharaan merasa nyaman berada bersama majikan. Memelihara kesehatan hewan peliharaan secara tidak langsung juga memelihara kesehatan dari majikan, karena jika hewan peliharaan diketahui memiliki sakit maka sudah dapat dipastikan akan menular pada majikan. Yuk rawat hewan peliharaan sejak kecil, sayangi dan selalu menghadirkan kenyamanan bagi hewan peliharaan!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *