Cara Mengajarkan Anjing Mengontrol Gigitannya

Cara Mengajarkan Anjing Mengontrol Gigitannya – Seekor anak anjing menggigit tangan Anda atau menggunakan manset celana Anda sebagai mainan kunyah, lucu? Mengajari anak anjing apa yang boleh digigit ketika mereka masih muda adalah satu-satunya hal terpenting bagi anak anjing mana pun. Mengunyah dan menggigit adalah bagian normal dari menjadi anak anjing, tetapi betapa lucunya ketika mereka menggigit tangan Anda atau tangan anak-anak ketika mereka adalah anjing dewasa?.

Cara Mengajarkan Anjing Mengontrol Gigitannya

acvimfoundation – Gigitan anjing yang merusak tidaklah lucu! Anak anjing harus diajari oleh orang-orang untuk mengendalikan kekuatan perilaku menggigit mereka sehingga mereka belajar untuk memiliki mulut yang lembut jika mereka tidak sengaja meraih manusia. Kemudian mereka harus diajari untuk mengurangi frekuensi mulut anjing, sehingga sebagai anjing remaja dan dewasa mereka tidak akan menyakiti orang yang mereka mainkan – atau pakaian mereka!

Baca Juga : Ajari Anjing Anda Berjalan Dengan Tali di Leher

Program yang diuraikan di bawah ini paling baik untuk anak anjing yang berusia sekitar 18 minggu, saat mereka masih memiliki gigi susu, yang belum belajar mengendalikan gigitan lucu mereka. Jika anak anjing atau puppy Anda berusia di bawah 6 bulan dan tidak menggigit terlalu keras (sudah memiliki beberapa penghambatan gigitan secara otodidak), itu masih dapat digunakan – tetapi untuk anjing yang lebih tua dari 6 bulan yang bermain menggigit Anda, silakan berkonsultasi dengan pelatih anjing profesional.

Sebagian besar dari pendidikan awal setiap anak anjing harus melibatkan pembelajaran cara menggunakan giginya. Mulut dan menggigit adalah perilaku alami anak anjing, tetapi penting bagi anjing untuk belajar menggunakan mulutnya dengan lembut. Bagi kebanyakan dari kita, ketika kita merasakan gigi anak anjing yang tajam menusuk ke dalam diri kita, naluri pertama kita adalah menghentikan perilaku tersebut. Jangan! Sebelum Anda mengajari anak anjing Anda untuk tidak menggigit, Anda harus terlebih dahulu mengajarinya bahwa saat ia menggigit, ia harus menggigit dengan lembut tanpa banyak tekanan. Ini disebut penghambatan gigitan dan itu harus menjadi bagian dari program sosialisasi Anda untuk anak anjing Anda.

Hal ini tidak terlalu sulit untuk diajarkan tetapi membutuhkan komitmen dan konsistensi dari pemiliknya. Pelatihan ini penting dan bermanfaat karena pada dasarnya akan mencegah anjing Anda menggigit. Anak-anak anjing biasanya mengembangkan penghambatan gigitan melalui interaksi dengan teman-teman sampah mereka. Ketika anak anjing menggigit anak anjing lain terlalu keras, anak anjing kedua akan menyalak dan berhenti bermain. Dengan cara ini anak anjing pertama belajar untuk tidak menggigit terlalu keras. Teknik ini membuat Anda menggantikan teman litter, dan mengajar dengan cara yang hampir sama.

1. Tidak ada gigitan yang menyakitkan.

Dengan cara yang sama Anda sebagai manusia harus bertindak seperti teman sekamar dan memberi tahu anjing Anda ketika dia telah menggigit Anda terlalu keras. Pada tahap pertama pelatihan, jika anak anjing menempelkan mulut dan/atau giginya pada Anda dan tidak menggigit, Anda dapat segera mengarahkan mulutnya ke mainan dan pujian. Tetapi jika anak anjing menggunakan tekanan (biasanya pada titik tertentu, mereka menguji semuanya ketika mereka masih muda) sehingga Anda merasa terjepit atau lebih: berteriak seperti anak anjing cukup sehingga anak anjing Anda memperhatikan – dan kemudian pergi dan mengabaikannya selama sekitar satu menit.

Anjing memiliki sensitivitas yang berbeda-beda, jadi penting agar volume dan intensitas jeritan Anda sesuai untuk anak anjing Anda. Jika ketika Anda menyalak, anak anjing Anda sepertinya tidak menyadarinya, atau segera kembali menggigit Anda lagi, maka lain kali cobalah untuk berteriak lebih keras dan menjauh lebih cepat. Demikian pula, pastikan Anda tidak terlalu mengejutkan anak anjing Anda.

Jika anak anjing Anda meringkuk atau ekornya terselip di antara kedua kakinya saat Anda menyalak, kemungkinan besar Anda berteriak terlalu keras; lain kali cobalah berteriak lebih pelan. Ketika Anda kembali setelah menit mengabaikan mereka, pastikan Anda memiliki mainan siap sehingga mereka dapat menggigit mainan, yang bagus! Hadiahi perilaku baik itu dengan banyak perhatian dan pujian.

Catatan: Mengabaikan berarti tidak melihat anjing Anda, tidak berbicara dengan anjing Anda, dan tidak menyentuh anjing Anda! Jika perlu, Anda dapat meninggalkan ruangan untuk menit itu (‘waktu istirahat’) sehingga dia tidak memiliki kesempatan untuk bermain-main dengan Anda saat Anda mengabaikannya.

Anda mungkin tergoda untuk mengatakan “tidak” dengan marah dan/atau mendorong anak anjing itu menjauh. Namun, ini memberi mereka perhatian bahkan jika itu adalah perhatian “negatif”. Perhatian adalah hadiah! Anda tidak ingin menghargai perilaku yang tidak diinginkan.

2. Tidak ada gigi pada Anda.

Setelah anjing Anda mengetahui bahwa gigitan yang menyakitkan tidak dapat diterima dan telah berhenti melakukannya, Anda dapat melanjutkan dengan mengajarkan bahwa tekanan giginya terhadap kulit Anda tidak dapat diterima. Pada titik ini, teriakan itu tidak tepat. Jika anak anjing menempelkan mulutnya pada Anda tanpa tekanan gigi, segera arahkan ke mainan, atau (lebih baik) bangun dan menjauh dari anak anjing untuk mengabaikan selama 30 detik, lalu kembali dengan mainan untuk bermain lagi.

3. Tidak ada mulut pada Anda sama sekali.

Setelah anjing Anda mengetahui bahwa ia tidak boleh menempelkan giginya pada Anda, Anda dapat melanjutkan untuk melatih anjing Anda bahwa ucapan apa pun tentang Anda atau pakaian Anda tidak dapat diterima dengan menghentikan permainan atau perhatian saat ia mengucapkan Anda. Tergantung pada usia dan temperamen anak anjing Anda, waktu yang diperlukan untuk mencapai langkah ketiga akan bervariasi dari satu atau dua minggu hingga beberapa bulan. Berikut adalah beberapa panduan untuk membantu mempercepat prosesnya:

Jangan pernah memukul anjing Anda (hidungnya atau bagian tubuhnya yang lain) sebagai respons terhadap mulutnya yang menggigit atau menggigit! Ini tidak hanya tidak perlu, tetapi juga kemungkinan akan mendorongnya untuk terus menggigit Anda, baik dalam bermain atau membela diri Jangan lupa untuk menyediakan mainan dan tulang kunyah yang sesuai untuk anjing Anda dan pujilah dia karena telah mengunyahnya. Dengan cara ini anjing Anda akan belajar tidak hanya apa yang tidak dapat diterima tetapi juga apa yang dapat diterimadalam hal menggunakan mulutnya.

Baca Juga : 15 Cara Merawat Anak Anjing

Anda mungkin merasa terbantu untuk menggunakan pencegah rasa (tersedia di toko hewan peliharaan) di tangan atau pakaian Anda saat Anda menjalani program ini. Pertama, pastikan bahwa produk tersebut benar-benar tidak disukai anjing Anda (beberapa anjing menyukai pencegah rasa). Pastikan anak anjing Anda mendapatkan latihan yang cukup baik mental maupun fisik. Menggigit bermain bisa disebabkan oleh kebosanan dan energi yang terpendam.

Setelah anjing Anda berhasil menyelesaikan semua tahap penghambatan gigitan, Anda pasti ingin memastikan bahwa anjing Anda terus memiliki penghambatan gigitan yang baik sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, adalah ide yang baik untuk menangani mulutnya setiap hari (membukanya dan menyentuh gigi dan lidahnya) – mudah dilakukan jika Anda menyikat giginya setiap hari, sebuah kebiasaan yang baik – dan hadiahi dia karena bersikap lembut dengan pujian dan kasih sayang.

Share this: