10 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Anjing

10 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Anjing – Memastikan anjing Anda mematuhi jadwal yang diprogram secara teratur itu penting, tetapi apa, tepatnya, yang harus mereka lakukan setiap hari dan seberapa sering? Panduan di bawah ini akan membantu Anda menentukan dengan tepat.

10 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Anjing

acvimfoundation – Sebagai pemilik bangga dari anak anjing yang suka diemong, Anda tahu bahwa merawat anjing bukanlah prestasi kecil. Anda harus menjaga mangkuk makanan mereka tetap penuh, memastikan mereka minum cukup air, memberi mereka banyak cinta, dan membawa mereka keluar untuk melakukan bisnis mereka sepanjang hari.

Baca Juga : Panduan Untuk Merawat Hewan Peliharaan Dengan Benar

1. Makan

Tidak perlu khawatir bahwa anak anjing Anda perlu makan setiap hari, tetapi menentukan jumlah makanan yang tepat sedikit lebih rumit. Meskipun sebagian besar makanan anjing berkualitas tinggi memiliki perkiraan kasar tentang berapa banyak yang harus diberikan kepada anjing Anda setiap hari, ada beberapa faktor tambahantermasuk jenis, ukuran, tipe tubuh, tahap kehidupan, tingkat aktivitas, dan kondisi lingkungan—untuk dipertimbangkan saat mengisi mangkuk makanan anjing Anda.

“Misalnya, anak anjing harus diberi makan lebih sering daripada hewan peliharaan dewasa karena anjing cenderung membutuhkan (dan ingin) makan lebih jarang seiring bertambahnya usia,” kata Carl Winch, DVM, dokter hewan di Rumah Sakit Hewan Peliharaan Banfield . “Konsultasikan dengan dokter hewan Anda yang dapat memberi saran tentang diet terbaik untuk hewan peliharaan Anda yang memenuhi kebutuhan nutrisi masing-masing dan sesuai untuk tahap kehidupan mereka.”

2. Air minum

Sama seperti manusia, anjing harus mengkonsumsi air segar setiap hari dan sepanjang hari. “Sebagai aturan umum, anjing harus mengonsumsi satu ons air per pon berat badan per hari, dan asupan air tambahan mungkin diperlukan pada hari-hari yang terlalu panas atau setelah berolahraga berlebihan,” kata Johnna Devereaux, ahli gizi dan direktur hewan peliharaan bersertifikat. nutrisi dan kesehatan untuk Bow Wow Labs .

Winch mengatakan untuk memeriksa mangkuk anjing Anda sepanjang hari untuk melacak konsumsinya dan untuk mengisi ulang sesuai kebutuhan. Juga, bawalah banyak air jika Anda bepergian bersama di luar ruangan. Mangkuk dan botol anjing perjalanan adalah investasi murah yang akan memastikan hewan peliharaan Anda tetap terhidrasi. “Jika Anda menemukan bahwa hewan peliharaan Anda minum lebih banyak [atau lebih sedikit] dari biasanya, disarankan untuk memeriksakannya ke dokter hewan karena ini bisa menjadi tanda kondisi yang mendasarinya,” tambah Winch.

3. buang air kecil

Ada perbedaan dalam seberapa sering anjing Anda akan buang air kecil, tetapi mereka harus buang air kecil tiga sampai lima kali sepanjang hari. Jumlahnya biasanya berkorelasi dengan kualitas makanan yang mereka makan dan jumlah air yang mereka konsumsi. Misalnya, makanan anjing yang lebih tinggi garam atau aditif dapat merangsang hewan peliharaan Anda untuk minum lebih banyak, sehingga menghasilkan lebih banyak urin, catat Winch. Dan jika mereka mengkonsumsi banyak air, mereka juga harus menghilangkan lebih banyak.

“Karena semua anjing akan memiliki kebiasaan buang air kecil yang berbeda, akan sangat membantu bagi pemilik hewan untuk mengetahui apa yang dianggap sebagai perilaku normal untuk masing-masing hewan peliharaan, dan untuk berbicara dengan dokter hewan jika mereka melihat ada perubahan,” saran Winch. Selain peningkatan atau penurunan produksi urin yang tiba-tiba, mengejan untuk buang air kecil, darah dalam urin, atau mengalami kecelakaan di rumah juga merupakan alasan untuk pergi ke dokter hewan.

4. Buang air besar

Secara umum, kebanyakan anjing akan buang air besar satu hingga dua kali per hari. Konon, banyak saran yang sama yang berlaku untuk buang air kecil juga berlaku untuk seberapa sering anjing Anda buang air besar, dan ada korelasi langsung antara berapa banyak makanan yang dikonsumsi dan kualitas makanan tersebut. Devereaux menjelaskan bahwa semakin tinggi kualitasnya, semakin banyak nutrisi yang diserap sehingga menghasilkan lebih sedikit limbah. Sebaliknya, jika anjing Anda buang air besar terlalu banyak, itu bisa jadi karena kualitas makanan yang buruk.

“Secara umum, berapa kali kotoran anjing Anda harus tetap relatif konstan, demikian juga konsistensi kotorannya,” kata Winch. “Jika Anda melihat peningkatan tiba-tiba dalam buang air besar, perubahan konsistensi, atau jika hewan peliharaan Anda tidak buang air besar lebih dari 24 jam atau menunjukkan tanda-tanda mengejan, maka pemeriksaan oleh dokter hewan Anda dianjurkan.”

5. Menyikat giginya

Meskipun kesehatan mulut sering dikesampingkan ketika menyangkut sahabat bulu kita, itu sangat penting. Ini juga salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh mereka secara keseluruhan. “Tanpa perawatan gigi rutin, anjing berisiko terkena penyakit periodontal (gusi), yang sering menyebabkan infeksi gusi, sakit dan kehilangan gigi, dan kekurangan gizi,” jelas Danielle Bernal ., DVM, seorang dokter hewan dengan mengunyah gigi harian Whimzeez.

“Penyakit periodontal juga berpotensi memengaruhi fungsi jantung, hati, dan ginjal, jadi perawatan harian sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan mulai dari gigi hingga ekor.” Ini termasuk menyikat gigi anjing Anda secara fisik secara teratur. Jika anjing Anda menolak menyikat, ada kunyah gigi setiap hari, seperti Whimzeez, yang akan membantu memecah plak, karang gigi, dan bakteri jahat yang dapat muncul kembali pada gigi hanya dalam waktu 24 jam.

6. Berolahraga

“Minimal, anjing harus berolahraga 30 hingga 45 menit setiap hari,” kata Devereaux. “Jika Anda memiliki anjing yang lebih tua dengan stamina yang menurun, anjing yang kelebihan berat badan yang mencoba menurunkan berat badan, atau anak anjing ras besar yang masih dalam tahap pertumbuhan, yang terbaik adalah membagi periode latihan menjadi interval yang lebih kecil beberapa kali per hari.”

Olahraga tidak hanya akan menjaga jantung anak anjing Anda dalam kondisi baik dan menjaga mereka tetap sehat secara mental, tetapi juga akan membantu mengurangi kenaikan berat badan. Winch mengatakan bahwa kelebihan berat badan dan obesitas terjadi dalam proporsi epidemi pada hewan peliharaan kita. Kondisi ini terkait dengan banyak penyakit lain, termasuk radang sendi, diabetes, dan penyakit jantung, jadi menjaga berat badan yang sehat adalah tentang menjalani hidup yang sehat.

7. Kegiatan yang merangsang mental

Pada catatan itu, hal lain yang harus dilakukan anjing Anda setiap hari adalah mendapatkan stimulasi mental yang adil. Kurangnya aktivitas dapat menyebabkan depresi, penambahan berat badan, dan bahkan perilaku buruk seperti merusak properti atau menggonggong atau merintih secara berlebihan.

“Meskipun semua anjing membutuhkan beberapa bentuk perhatian setiap hari, jumlah yang dibutuhkan dapat bervariasi antar anjing. Kelas pelatihan dan latihan harian adalah cara yang bagus untuk memperkuat ikatan dengan hewan peliharaan kita serta mendorong perilaku yang baik, ”catat Winch. Bermain lempar tangkap, menggunakan mainan yang merangsang mental, dan sekadar mengajarkan trik Anda sendiri juga merupakan pilihan yang bagus.

8. Bercengkerama

Selain olahraga lama yang baik dan aktivitas yang melibatkan otak, hewan peliharaan Anda dapat memperoleh manfaat dari pelukan yang konsisten. “Meringkuk setiap hari dengan hewan peliharaan adalah cara yang sangat penting untuk menjalin ikatan dengan hewan kita, dan, selama hewan itu terbuka untuk menerimanya, semakin banyak semakin meriah,” kata Devereaux. “Perlu dicatat bahwa, sama seperti manusia, anjing juga suka memiliki waktu sendiri. Jika Anda mulai membelai atau meringkuk anjing Anda dan mereka bangun dan pergi, jangan menahan mereka dan jangan mengejar mereka. Biarkan mereka memiliki ruangnya sendiri dan coba lagi di lain waktu.”

9. Merawat bulu mereka

Selain memastikan mereka terlihat cantik, merawat anjing Anda setiap hari adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan dan menjaga kesehatan fisik mereka secara umum. “Menyikat yang baik mengurangi kerontokan, meningkatkan sirkulasi, dapat mencegah anyaman yang menyakitkan, dan dapat membantu Anda mendeteksi parasit yang tidak sehat seperti kutu dan kutu yang dapat menyerang rumah Anda,” kata Dr. Winch. “Pastikan Anda menggunakan sikat berkualitas tinggi yang tidak akan melukai kulit sensitif anjing Anda. Sikat terbaik akan tergantung pada jenis dan panjang bulu hewan peliharaan Anda.” Menyikat juga mendistribusikan minyak dari kulit mereka, membantu menghilangkan simpul dan kotoran, dan dapat mengurangi bau.

10. Sedang tidur

Ini bukan topik yang dipelajari dengan baik, catat Winch, jadi penting untuk dicatat bahwa pemahaman kita sebagian besar bersifat anekdot. Apa yang kami pahami adalah bahwa siklus tidur hewan peliharaan bergantung pada pemiliknya, dan dipengaruhi oleh faktor lingkungan serupa yang memengaruhi tidur manusia. Umumnya, anjing dewasa yang sehat mungkin terjaga sekitar tujuh sampai delapan di siang hari dan sekitar lima jam di malam hari, kata Dr. Winch. Anak anjing cenderung membutuhkan lebih banyak tidur—lebih dari 18 jam per hari—dan mungkin benar-benar tidur untuk jangka waktu yang lebih lama segera sebelum periode pertumbuhan.

“Secara umum, selalu penting untuk mengamati kebiasaan sehari-hari anjing Anda dan mengidentifikasi apa itu,” tambah Devereaux. “Jika Anda melihat bahwa anjing Anda yang biasanya tidur 12 hingga 14 jam sehari tiba-tiba tidur untuk jangka waktu yang lebih lama—dan itu bukan karena Anda menyelesaikan pendakian empat jam bersama mereka—mungkin ide yang baik untuk menjadwalkan pemeriksaan kesehatan. kunjungi dokter hewan Anda.”

10 Tanda Hewan Peliharaan “Sehat” Anda Menunjukkan Gejala Penyakit Anjing

Menggaruk dan mengejar ekor adalah kebiasaan yang biasa, bukan? Belum tentu. Inilah cara mengetahui kapan semuanya tidak baik dengan kesehatan anjing Anda.

1. Anjing Anda memiliki bau mulut

Napas anjing tidak pernah segar, tetapi terkadang bau itu merupakan sinyal untuk masalah yang mengancam jiwa. Bau mulut anjing disebabkan oleh bakteri yang membentuk plak pada gigi hewan peliharaan Anda. Tetapi bakteri tersebut dapat melakukan perjalanan ke saluran hidung dan sinus, yang menyebabkan masalah pernapasan. Jika mereka berhasil masuk ke aliran darah, mereka bisa mendatangkan malapetaka di hati, ginjal, atau jantung. Sikat gigi anjing Anda setiap hari dan berikan dia makanan atau mainan yang dibuat khusus untuk kebersihan gigi untuk mencegah jenis gejala penyakit anjing tersebut.

2. Telinga anjing Anda terkulai

Telinga anjing mungkin terkulai jika dia merasa sedih—atau mengalami infeksi telinga. Anjing dapat mengembangkan tiga jenis infeksi telinga: luar, tengah, dan dalam. Gejala masalah telinga luar—telinga terkulai, kemerahan, keputihan, dan bau tak sedap—memerlukan kunjungan ke dokter hewan. Jika tidak diobati, infeksi luar dapat berubah menjadi infeksi telinga tengah dan dalam, yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

3. Anjing Anda memiliki bercak hitam di gusinya

Menurut jaringan Rumah Sakit Hewan Peliharaan Banfield, penyakit gigi mempengaruhi 93 persen anjing di atas usia tiga tahun. Ketika partikel makanan dan bakteri tidak dibersihkan dari gusi anjing, mereka akan meradang dan plak dapat terbentuk. Plak itu bisa berubah menjadi radang gusi dan, dalam kasus yang parah, kehilangan gigi. Jika gusi hewan peliharaan Anda yang biasanya berwarna merah muda meradang atau timbul bercak hitam, hubungi dokter hewan Anda. Anda mungkin melihat gejala penyakit anjing.

4. Anjing Anda tidak memiliki pinggang

Sosok jam pasir adalah indikator cepat anjing yang sehat. Tetapi jika anjing Anda tidak memiliki area terselip di antara tulang rusuk dan pinggulnya, dia mungkin kelebihan berat badan. Asosiasi Pencegahan Obesitas Hewan Peliharaan memperkirakan bahwa 54 persen anjing di Amerika kelebihan berat badan, dan seperti manusia, ini membuat hewan rentan terhadap komplikasi medis lainnya, seperti kanker, diabetes, dan penyakit ginjal. Bahkan dapat menurunkan harapan hidup hingga 2,5 tahun.

5. Mata anjing Anda mendung

Meskipun tidak konklusif, mata berawan adalah indikator kuat dari katarak. Jika kekeruhan menutupi lebih dari setengah lensa mata, penglihatan anjing Anda menjadi terhalang dan ia akhirnya bisa buta. Katarak juga bisa menjadi tanda diabetes jika anjing Anda menunjukkan gejala lain seperti minum dan buang air kecil lebih banyak, atau terlibat dalam masalah perilaku hewan peliharaan yang umum . Penyebab ketiga adalah sklerosis nuklir, perubahan penuaan jinak yang untungnya tidak benar-benar mengganggu penglihatan. Tanda – tanda kanker pada anjing ini penting untuk dilacak.

6. Kandung kemih anjing Anda rusak

Mungkin ada penjelasan medis mengapa anjing rumahan Anda tiba-tiba mengalami kecelakaan di dalam. Buang air kecil berlebihan (poliuria) dan minum berlebihan (polidipsia) adalah gejala gagal ginjal, diabetes, dan penyakit hati. Misalnya, jika hewan peliharaan Anda mengalami dehidrasi, ginjalnya tidak akan mampu menahan air, jadi dia akan buang air kecil lebih sering. Penting juga untuk mengetahui kapan anak anjing Anda puas–pelajari tanda-tanda ini bahwa anjing Anda bahagia.

7. Anjingmu terus mengejar ekornya

Anda membacanya dengan benar. Jika anjing Anda berlari berputar-putar lebih sering dari biasanya, ia mungkin mengalami infeksi telinga bagian dalam yang disebut labirinitis. Ini memengaruhi postur, keseimbangan, dan koordinasi anjing, jadi dia mungkin tampak pusing tanpa alasan yang jelas. Namun, jika anjing Anda lebih tua, ia mungkin menderita sindrom vestibular idiopatik, yang biasanya muncul tiba-tiba dan dapat menyebabkan pusing hingga tidak berdaya. Penyebabnya tidak diketahui dan mungkin memerlukan rawat inap.

8. Anjing Anda terengah-engah

Terengah-engah adalah cara anjing untuk menenangkan diri, tetapi sesak napas, atau sesak napas, juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit anjing yang mengindikasikan masalah yang mengancam jiwa. Dispnea dapat disebabkan oleh komplikasi pada hidung, tenggorokan, paru-paru, atau dada. Anjing Anda mungkin tidak mendapatkan cukup oksigen dalam aliran darahnya. Kesulitan bernapas juga merupakan gejala penyakit heartworm, yang dapat menyebabkan kerusakan fatal pada paru-paru. Untungnya, penyakit ini dapat diobati jika terdeteksi cukup dini.

Baca Juga : Cara Merawat Kebutuhan Dasar Anjing Anda

9. Doggie bersin yang tidak biasa

Seperti manusia, anjing bersin dengan cairan hidung yang jernih ketika mereka memiliki alergi. Namun, jika lendir berwarna abu-abu dan keruh, kental dan hijau, atau berdarah, gejala penyakit anjing tersebut perlu dikhawatirkan. Hewan peliharaan Anda bisa terkena infeksi jamur atau kanker hidung. Dokter hewan Anda kemungkinan akan melakukan x-ray atau CT scan untuk memastikan diagnosisnya.

10. Agresi anjing Anda mengejutkan Anda

Di hari lain, anjing Anda sopan dan berperilaku baik. Tapi hari ini, dia menggeram dan menggeram, bahkan pada orang yang dia kenal. Apa yang terjadi? Agresi yang belum pernah terjadi sebelumnya bisa menjadi tanda hipotiroidisme, kejang, atau penyakit otak. Anjing Anda juga bisa sangat kesakitan, bertindak agresif untuk mencegah orang menyentuhnya. Semua penyebab potensial ini memerlukan kunjungan mendesak ke dokter hewan Anda.

Share this: