10 Tips Untuk Anjing Yang Takut Suara Petir dan Pemalu

10 Tips Untuk Anjing Yang Takut Suara Petir dan Pemalu – Musim panas telah tiba, dan dengan itu, badai petir musim panas! Apakah hewan peliharaan Anda mulai gemetar saat mereka mendengar gemuruh guntur yang rendah di kejauhan? Saya telah melihat anjing yang akan bersembunyi di bawah tempat tidur atau bahkan di bak mandi mencoba melarikan diri dari “serangan” guntur dan kilat. Beberapa hewan peliharaan akan mengalami serangan panik total mencoba melarikan diri dari kebisingan yang menakutkan, bahkan sampai melukai diri mereka sendiri.

10 Tips Untuk Anjing Yang Takut Suara Petir dan Pemalu

acvimfoundation – Anjing dan kucing dapat merasakan badai mendekat dengan tekanan udara yang turun dengan cepat, dan dengan demikian dapat mulai menunjukkan tanda-tanda kecemasan bahkan sebelum badai terdengar. Tapi kabar baik! Meskipun badai petir dapat menimbulkan rasa takut pada anjing dan kucing, mereka dapat dilatih untuk mengelola reaksi mereka dan merasa lebih tenang melalui semua kebisingan dan kilatan cahaya.

Baca Juga : Tips Agar Anjing Tidak Menangis Saat Ditinggal Sendirian

Berikut kami berikan sepuluh tips badai petir ini untuk membantu anjing Anda melewati badai petir yang lewat dengan aman, tips ini juga berguna untuk kucing! Kami juga telah mendengar kisah sukses besar tentang hewan peliharaan dan Thundershirts, yang patut dipertimbangkan selain 10 tips ini:

1. Selalu simpan identifikasi yang tepat dengan aman diikatkan ke kerah anjing Anda jika dia keluar. Pertimbangkan untuk berbicara dengan dokter hewan Anda tentang menanamkan microchip pada hewan peliharaan Anda untuk identifikasi seumur hidup. Ingatlah untuk memperbarui klinik hewan dan penampungan hewan Anda dengan informasi kontak Anda yang benar.

2. Berikan anjing Anda tempat yang aman untuk tinggal selama badai. Di dalam rumah Anda, ciptakan area seperti sarang yang tenang di mana anjing Anda dapat merasa aman. Peti atau kandang yang diperkenalkan dengan benar bisa menjadi tempat perlindungan yang menenangkan baginya. Saat badai sedang terjadi, pimpin anjing Anda ke tempat khusus untuk membantunya merasa tenang dan terlindungi.

3. Jika anjing Anda tinggal di luar, bawa dia ke dalam sampai badai berlalu. Anjing luar bisa tersesat atau bahkan terluka jika mereka melarikan diri dari halaman berpagar mereka dalam ketakutan selama badai.

4. Anjing dapat mengambil ketakutan atau ketidaknyamanan dengan badai dari orang-orang mereka, jadi penting bagi Anda untuk mengembangkan sikap tenang dan apa adanya. Biarkan anjing Anda tetap dekat dan cobalah mengalihkan perhatiannya dengan aktivitas seperti bermain atau menyikat. Jangan mencoba meyakinkannya dengan suara simpatik—ini akan terdengar seperti pujian dan dapat meningkatkan kegugupan dan kebingungannya.

5. Beberapa anjing menjadi destruktif ketika ketakutan. Sebuah peti selalu merupakan cara terbaik untuk menjaga anjing Anda tetap aman dan barang-barang Anda tetap utuh. Jika Anda tidak menggunakan peti, singkirkan barang apa pun di ruangan yang dapat dihancurkan anjing Anda atau yang dapat melukainya jika ia mengunyahnya.

6. Selama badai, tutup jendela dan gorden untuk mengurangi kebisingan dan kilatan cahaya. Nyalakan TV atau radio yang memutar musik lembut pada volume normal untuk mengalihkan perhatian anjing Anda dan membantunya bersantai.

7. Jauhkan anjing Anda dari pintu yang mengarah ke luar. Anjing Anda mungkin berada di bawah tekanan yang signifikan, yang dapat mengakibatkan cedera yang tidak perlu pada orang lain yang memasuki rumah Anda atau menyebabkan dia melesat keluar dan tersesat atau terluka.

8. Anjing Anda mungkin menjadi mengompol karena ketakutannya yang ekstrem dan aliran adrenalin yang dia alami selama badai. Bersiaplah, dan pahami.

9. Anjing yang terus panik dalam badai petir mungkin harus direkondisi dengan membuat badai buatan dengan rekaman lingkungan. Sementara rekondisi dapat menjadi prosedur yang memakan waktu, dapat memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Terapis perilaku anjing Bark Busters yang berkualitas dapat membantu Anda mengajari anjing Anda untuk lebih tenang selama badai.

10. Dalam kasus yang paling ekstrem, pengobatan bersama dengan pelatihan mungkin merupakan solusi terbaik untuk membantu anjing Anda mengatasi ketakutannya terhadap badai. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda tentang kemungkinan perawatan.

Tip untuk anjing pemalu

Manusia suka mencintai anjing! Anjing sering kewalahan dengan cara manusia menunjukkan kasih sayang. Manusia menunjukkan kasih sayangnya terhadap manusia lain dengan cara menatap langsung ke matanya, memberikan jabat tangan yang erat atau pelukan yang kuat, tertawa terbahak-bahak, memberikan tepukan yang kuat di punggung. Untuk anjing pemalu, kontak semacam itu bisa menakutkan! Kebanyakan orang tidak menyadari ketika anjing mencoba untuk berkomunikasi bahwa mereka takut, malu, atau stres.

Tahukah Anda bahwa anjing menjilati bibirnya, atau menguap, mungkin mencoba memberi tahu Anda, “Hei, saya gugup! Tolong perlambat. Beri aku ruangku. Biarkan saya melakukan pertemuan ini dengan kecepatan saya sendiri. ” Salah satu cara termudah bagi manusia untuk memberi tahu anjing bahwa mereka adalah teman adalah dengan berperilaku seminimal mungkin. Salah satu cara yang sangat mudah bagi manusia untuk melakukannya adalah mengabaikan anjing. Itu jauh lebih sulit daripada kedengarannya! Tetapi jika Anda dapat mengabaikan anjing itu, anjing itu kemudian dapat mendekati Anda dengan kecepatannya sendiri.

Juga, jika Anda mengabaikan anjing, Anda tidak melakukan hal-hal menakutkan yang cenderung dilakukan oleh orang-orang yang mencintai anjing. Anda tidak menatap lurus ke arahnya, tidak mencoba menyentuhnya, tidak mendekatkan diri atau wajah Anda dengannya, tidak memojokkannya, tidak berbicara dengannya tidak memaksakan diri ke ruangnya. Tidak usah buru-buru. Bicaralah dengan teman manusia Anda atau anjing lain yang mendekati Anda. Tunjukkan pada anjing bahwa Anda bukan ancaman dengan mengabaikannya, dan seiring waktu, Anda dapat memenangkan kasih sayang dan kepercayaannya.

Cara lain untuk mendapatkan kepercayaan anjing pemalu Anda:

  1. Memberi makan dengan tangan (untuk anjing yang tidak agresif terhadap makanan): Jangan memberi makan dalam mangkuk, berikan hanya dengan tangan Anda. Letakkan makanan anjing di tangan Anda, turunkan tangan rata ke lantai, jangan lihat anjing dan tunggu. Jika anjing tidak mau makan dari tangan Anda, Anda dapat meletakkan makanan di lantai terlebih dahulu di sebelah tangan Anda, kemudian secara bertahap hingga keluar dari tangan Anda. Jika ada lebih dari satu manusia di rumah Anda, putar sehingga semua manusia memberi makan tangan, bukan hanya satu orang.
  2. Lebih banyak hal baik: Apa yang disukai anjing pemalu Anda? Memperlakukan? Bermain lempar tangkap di halaman? Pergi jalan-jalan di sekitar lingkungan Anda? Meskipun Anda sebagian besar dapat mengabaikan anjing pemalu Anda seperti yang disarankan di atas, Anda juga dapat melakukan lebih banyak hal/aktivitas yang disukai anjing Anda setiap hari. Putar sehingga semua manusia melakukan hal-hal menyenangkan dengan anjing pemalu Anda, bukan hanya Anda.
  3. Jalan-jalan berkelompok: Jika anjing pemalu Anda suka berjalan-jalan, berjalan-jalan bersama seluruh keluarga dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka karena mereka merasa lebih menjadi bagian dari kawanan Anda.
  4. Olahraga harian: Sama seperti manusia, olahraga setiap hari mengurangi kortisol, hormon stres pada anjing, yang dapat membuat mereka lebih bahagia dan tidak terlalu malu.
  5. Pelatihan dasar: Melakukan kelas pelatihan kelompok dasar dengan anjing pemalu Anda dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. Struktur, rutinitas, mempelajari, dan mempraktikkan perintah pelatihan dasar memberi otak anjing aktivitas konstruktif untuk fokus, yang dapat meningkatkan ketenangan dan kepercayaan diri mereka.

Share this: