6 Langkah Memperkenalkan Kucing Baru ke Anjing Anda

6 Langkah Memperkenalkan Kucing Baru ke Anjing Anda – Jika Anda memiliki atau berencana mengadopsi kucing baru, selamat! Ada banyak cara untuk memperkenalkan kucing ke anjing, tetapi Anda dapat menggunakan enam langkah ini untuk memperkenalkan kucing baru secara perlahan dan aman kepada anjing lokal yang dikenal baik dengan kucing. “Lambat” bisa secepat satu minggu, atau bisa berbulan-bulan, tergantung pada hewan peliharaan yang diperkenalkan.

6 Langkah Memperkenalkan Kucing Baru ke Anjing Anda

acvimfoundation – Cara terbaik untuk melakukan pengenalan kucing-ke-anjing adalah dengan bantuan ahli perilaku atau pelatih hewan peliharaan profesional. Terutama jika Anda tidak tahu apakah anjing Anda aman untuk kucing, demi keselamatan semua yang terlibat, pastikan untuk meminta bantuan pelatih terlebih dahulu. Tidak ada yang menggantikan pengamatan dan keahlian langsung. Ini sepadan dengan biayanya.

Baca Juga : Cara Mengajarkan Anjing Mengontrol Gigitannya

Metode “memperkenalkan kucing ke anjing” ini menggunakan kandang dan banyak waktu. Meluangkan waktu ekstra sangat berharga, untuk keselamatan dan tingkat stres semua orang – termasuk Anda. Anda juga dapat menggunakan teknik ini untuk pengenalan kucing baru kepada penduduk, jika Anda tahu bahwa anjing tersebut pernah hidup dengan aman dengan kucing sebelumnya.

1. Bersiaplah

Untuk menyiapkan anjing Anda (sebut saja dia “Rover”), jika dia belum tahu perintah “duduk” dan “tinggal”, dia harus mempelajarinya sebelum diperkenalkan ke kucing Anda (sebut saja dia “Kitty”) untuk pertama kali. Untuk menyiapkan Kitty, siapkan ruang isolasi dengan makanan, air, kotak pasir, dan tempat tidurnya. Beri dia kesempatan untuk menyesuaikan diri dengan rumah barunya. Tergantung pada kepribadiannya, ini bisa berlangsung dari 1 hari hingga beberapa minggu. “Disesuaikan” adalah berperilaku santai, menggunakan kotak pasirnya dengan benar, tidak bersembunyi, dan tidak ada iris hitam besar yang melebar saat mendengar suara dari sisi lain pintu.

Tentu saja Anda menghabiskan waktu bersamanya di ruang isolasi, tetapi Rover harus tetap berada di luar…tidak boleh mengintip! Anda mungkin ingin memasang gerbang playpen anjing kawat di kedua sisi pintu sehingga Anda bisa masuk dan keluar dengan lebih aman, seperti pintu ganda bank. Atau, tutup Rover di ruangan lain yang jauh dari pintu ruang isolasi, jadi jika Kitty menyelinap keluar, itu tidak langsung ke Rover!

2. Sisi berlawanan dari pintu

Beri makan Rover dan Kitty di sisi berlawanan dari pintu padat tertutup (bukan kaca, layar, atau tembus pandang) selama 1 minggu. Mereka akan mulai mengasosiasikan kehadiran satu sama lain (bau, suara) dengan pengalaman yang menyenangkan – makan! Jika Rover mulai merengek/ mengais/menggonggong di pintu, perbaiki dia dengan tegas tapi tenang “Tidak!” dan pindahkan mangkuk makanan lebih jauh, ikat dia, dan perlahan-lahan pindahkan mangkuknya lebih dekat ke pintu kucing setiap kali makan.

Akhirnya ketika mereka makan dengan tenang di sebelah pintu, paparkan mereka pada aroma satu sama lain lebih kuat dengan menggosok mereka dengan handuk (atau menggunakan tempat tidur mereka), dan meletakkannya dengan mangkuk makanan, agar mereka mencium bau saat mereka makan.

3. Biasakan Kitty dengan kandang.

Anda ingin Kitty terbiasa menghabiskan waktu singkat di kandang kawat besar (ideal) atau pembawa hewan peliharaan plastik cetakan. Lebih besar lebih baik, tetapi yang dapat Anda bawa ke kamar terbesar Anda untuk Langkah 4. Banyak kucing sudah mengasosiasikan pembawa hewan peliharaan plastik biasa dengan hal-hal menakutkan (kunjungan dokter hewan, ditinggalkan di tempat penampungan) sehingga layak untuk berinvestasi atau meminjam besar kandang anjing kawat.

Pancing Kitty ke dalam kandang dengan jejak suguhan kucing. Anda mungkin perlu mulai memberi makan kucing tepat di luar kandang, kemudian setiap makan perlahan-lahan pindahkan piring makanan lebih jauh ke belakang. Tutup pintu kandang selama 5 menit, lalu biarkan dia keluar. Jika Kitty gugup di dalam kandang, lakukan ini 2-3 kali sehari sampai dia rileks.

Jika kucing Anda tidak mau masuk ke dalam kandang, Anda bisa memasukkan anjing Anda sebagai gantinya. Namun, ada beberapa kelemahannya: 1) Kemungkinan besar kucing Anda tidak terlatih dengan tali yang diperlukan untuk langkah selanjutnya. 2) Dalam kasus yang sangat jarang, Kitty akan menyerang Rover di dalam kandang, dan cakar dan cakar kucing menembus sebagian besar bukaan kandang dan dapat melukai Rover secara serius. 3) Anda memiliki lebih sedikit kendali atas Rover di kandang daripada saat dia diikat.

4. Anjing di luar, kucing di kandang

Langkah ini adalah untuk membuat mereka melihat satu sama lain tanpa kontak fisik. Tip: Saya merasa paling mudah untuk melakukan langkah ini setelah latihan harian Rover, jadi 3 kali sehari, selama 5 menit.

  • Singkirkan Rover.
  • Masukkan Kitty ke dalam kandang, bawa kandang ke kamar terbesar Anda, dan letakkan sejauh mungkin dari pintu masuk Rover.
  • Pasang tali dan harness pada Rover dan bawa dia ke ruang kandang.
  • Suruh dia “duduk” dan “tinggal” di dalam pintu, tetapi di mana dia bisa melihat Kitty.
  • Suruh dia berlatih duduk, turun, goyang, dll. selama 5 menit di lokasi itu.

Jika dia mengabaikan perintah Anda karena dia terlalu tertarik pada kucing, atau menggonggong, menggeram, atau menerjang, gunakan kata “tidak” yang tegas dan bawa dia keluar dari ruangan. Dapatkan perhatiannya di luar lagi dengan mempraktikkan beberapa perintah, lalu coba masuk ke ruangan lagi.

Ingatlah untuk bernapas dan memikirkan pikiran-pikiran yang tenang, dan mencoba untuk tetap kendur. Yang “terburuk” yang akan terjadi adalah Rover atau Kitty akan saling menyerang, dan Anda akan punya waktu untuk menarik Rover kembali semua orang aman! Hewan peliharaan merespons ketegangan yang mereka rasakan di dalam diri Anda. Sering kali membantu untuk mengatakan hal-hal dengan nada yang menyenangkan, seperti, “Kitty, ini kakakmu Rover.”

Ulangi langkah ini selama beberapa hari yang Anda butuhkan, sampai Kitty dan Rover dapat berada di ruangan yang sama tanpa ketegangan, ketakutan, agresi, vokalisasi, atau perilaku lain yang tidak diinginkan. Ini bisa menjadi pertama kalinya, atau bisa memakan waktu berminggu-minggu, atau berbulan-bulan – dan jarang, tidak pernah. Ada beberapa anjing pemakan mangsa tinggi atau kucing teritorial yang tidak dapat hidup bersama dengan bebas dan aman.

Jika Anda telah menghabiskan waktu seminggu atau lebih untuk mencoba setidaknya 3 sesi sehari dan mereka masih bertindak agresif atau tegang satu sama lain tanpa ada perbaikan, silakan berkonsultasi dengan ahli/pelatih perilaku profesional. Menatap sering kali merupakan peringatan bahwa hewan akan menyerang. Harap berhati-hati jika anjing atau kucing Anda tampak “tenang” tetapi sebenarnya tegang, kaku, dan menatap.

Dengan setiap sesi latihan 5 menit, biarkan mereka sedikit lebih dekat, dengan Rover masih terikat dan Kitty masih di dalam kandang. Kemudian pergi dengan banyak pujian karena semua orang begitu baik! Jika Kitty menjadi ketakutan, atau Rover mulai mengabaikan Anda, tambah jarak antara hewan dan maju lebih lambat. Akhirnya, hewan-hewan itu harus dibawa cukup dekat untuk memungkinkan mereka menyelidiki satu sama lain secara visual dan tenang. Kemudian Anda dapat mengizinkan Rover untuk mengendus kennel dan Kitty, selama dia tenang, dan mendengarkan Anda jika Anda mengatakan “duduk” atau “datang”.

Sekarang tingkatkan durasi sesi bersama. Jika Rover atau Kitty gelisah dengan cara apa pun, Anda mungkin harus menghabiskan hari-hari yang diperlukan dengan kucing di dalam kandang, anjing dengan tali, sampai mereka tenang dan santai. Anda mungkin menemukan bahwa mengalihkan perhatian Anda (buku, DVD) akan membuat Anda rileks, dan itu akan membantu mereka juga rileks!

Setelah mereka saling mengendus melalui kandang tanpa masalah, dan Anda dapat menghabiskan setengah jam di ruangan dengan semua orang santai di samping satu sama lain, Anda siap untuk Langkah 5.

5. Anjing dirantai, kucing lepas

Dengan Rover yang diikat di bawah-tetap di sisi jauh ruangan, mintalah seorang pembantu membuka pintu kandang. Jaga agar Rover tetap fokus pada Anda dengan perintah dan suguhan latihan. Jika Kitty tetap di dalam kandang, goda dia keluar dengan melemparkan camilan tepat di luar pintu kandang. Jika dia tidak mau keluar, tinggalkan ruangan dengan Rover, tunggu Kitty keluar dari kandang, dan kembali dengan Rover.

Kitty mungkin lari dan bersembunyi – fokus saja untuk menjaga Rover tetap berada di bawahnya. Jika dia bereaksi terhadap kucing yang berjalan atau berlari, Anda harus melakukan 3 sesi harian seperti pada Langkah 4, sampai dia sekali lagi mengabaikan kucing saat dia lepas.

Jangan pernah mengizinkan Rover untuk “bermain” dengan mengejar Kitty, selamanya. Ini adalah game yang bisa mematikan dalam sekejap. Saya merekomendasikan agar Rover tetap terikat (bila tidak dikunci secara terpisah) selama 2 minggu ke depan, secara bertahap meningkatkan jumlah waktu yang mereka habiskan bersama

6. Keduanya lepas bersama!

Sudah 2 minggu dengan Rover nongkrong dan melihat Kitty berlari, melompat, bermain dan mereka sekarang selalu bertingkah santai, kebanyakan mengabaikan satu sama lain. Anda dapat melepaskan talinya – selamat, Anda telah berhasil memperkenalkan kucing baru Anda ke anjing Anda!
.
Bahkan setelah langkah 6 saat Anda tidak di rumah: pisahkan mereka dengan penghalang fisik (kandang, pintu, dll) untuk memastikan mereka aman, setidaknya selama 1 bulan tambahan. Dengan ras anjing yang lebih besar atau memiliki daya tangkap yang tinggi, Anda mungkin selalu ingin memisahkan mereka dengan aman saat Anda tidak di rumah. Saya harap langkah-langkah ini membantu membawa Anda ke rumah tangga multi-hewan peliharaan yang harmonis!

Kiat tambahan: Meskipun anjing Anda harus diajari bahwa mengejar atau bersikap kasar dengan kucing adalah perilaku yang tidak dapat diterima, anjing Anda juga harus diajari bagaimana berperilaku dengan benar, dan diberi hadiah untuk melakukannya (misalnya duduk, datang saat dipanggil, atau berbaring di kembali untuk berita gembira.) Jika anjing Anda selalu dihukum setiap kali kucing ada di sekitar, dan tidak pernah “hal-hal baik” terjadi di hadapan kucing, anjing Anda mungkin mengarahkan agresi ke kucing.

Tindakan Pencegahan: Anjing suka makan makanan kucing  jaga agar makanan kucing cukup tinggi agar jauh dari jangkauan anjing. Dan meskipun tidak ada bahaya kesehatan bagi anjing yang memakan kotoran kucing, biasanya tidak menyenangkan bagi pemiliknya – dan sangat menggoda bagi anjing sehingga sulit untuk melatih mereka untuk tidak melakukannya – dapatkah Anda meninggalkan anjing Anda sendirian dengan burger keju setinggi hidung?

Solusi terbaik yang saya tahu adalah menempatkan kotak pasir di tempat yang tidak dapat diakses oleh anjing, tetapi kucing dapat- seperti di belakang gerbang bayi, atau di dalam lemari atau lemari dengan guntingan pintu kucing, atau pintu yang terjepit terbuka (dari kedua sisi) cukup lebar untuk kucing. Untuk tips lebih lanjut tentang menjauhkan anjing Anda dari kotak kotoran kucing Anda, baca artikel ini.

Bagaimana jika mereka tidak bisa akur?!

Ada kalanya bahkan pemilik yang paling berpengalaman pun tidak dapat membuat anjing dan kucing hidup berdampingan dengan damai. Anda mungkin memiliki anjing dengan dorongan mangsa yang sangat tinggi atau kucing yang tidak menyukai anjing, apa pun yang terjadi. Jika tips di atas tidak berhasil, mungkin ada baiknya mencari bantuan profesional. Langkah pertama menuju gencatan senjata kucing-anjing adalah berkonsultasi dengan pelatih anjing profesional bersertifikat, konsultan perilaku hewan bersertifikat, ahli perilaku hewan terapan bersertifikat, atau ahli perilaku hewan. Dia dapat memberi Anda tip yang dipersonalisasi untuk membantu hewan peliharaan Anda.

Share this: