Tips Agar Anjing Anda Tak Merusak Benda dan Tak Menggongong di Rumah

Tips Agar Anjing Anda Tak Merusak Benda dan Tak Menggongong di Rumah – Anjing paling sering menghancurkan dan mengunyah sesuatu karena bosan, frustrasi, atau cemas. Ada tampilan ringan dari perilaku ini yang diharapkan, terutama pada anak kucing, anak anjing, dan anjing muda atau berenergi tinggi seperti anak anjing yang mengunyah sepatu, atau anjing yang merobek salah satu mainannya. Ada juga tingkat yang lebih ekstrim dari perilaku ini, di mana hewan peliharaan akan melukai dirinya sendiri atau melakukan kerusakan serius pada pintu atau barang-barang rumah tangga lainnya.

Tips Agar Anjing Anda Tak Merusak Benda dan Tak Menggongong di Rumah

acvimfoundation – Jika itu masalahnya, silakan berkonsultasi dengan ahli perilaku atau pelatih hewan peliharaan profesional. Dalam kedua kasus tersebut, demi keamanan, jauhkan hewan peliharaan Anda dari apa pun yang dapat mereka kunyah dengan menahannya dan/atau jauhkan barang-barang dari jangkauan. Pelatihan peti, gerbang bayi, atau pintu tertutup memungkinkan Anda membuat area hewan peliharaan yang aman untuk dikunyah saat Anda melatihnya.

Baca Juga : Tips Mengajarkan Anjing Agar Lebih Terkontrol 

Kucing khususnya dapat menjadi tantangan, terutama dengan kabel dan kabel tirai. Solusi terbaik untuk pengunyah kawat dan kabel adalah menutup semua kabel dengan tabung plastik keras, mengamankan kabel dari jangkauan, atau menjauhkan hewan peliharaan dari ruangan tersebut. Selain itu, untuk pengunyah ringan hingga sedang, kami memiliki empat tips bermanfaat ini:

1. Latihan Fisik

Banyak anjing dan kucing mengunyah karena bosan, dan memiliki energi dan/atau kecemasan yang berlebihan. Mengunyah itu menyenangkan dan menghilangkan stres bagi mereka! Anda dapat membantu menghilangkan jenis mengunyah ini dengan memberi mereka lebih banyak olahraga setiap hari. Sama seperti yang akan Anda lakukan, tingkatkan panjang dan kesulitan “latihan” hewan peliharaan Anda yang dapat berupa aktivitas atletik apa pun berjalan, berlari, bersepeda, mendaki gunung, bermain bola, berlari di sekitar halaman dengan teman anjing; mainan dan permainan mengejar dalam ruangan dengan teman kucing Anda.

Ingatlah bahwa Anda perlu mempertahankan jumlah latihan yang Anda berikan setiap hari cukup banyak setiap hari. Meskipun hanya 10 menit sehari, Anda harus tetap melakukannya. Jika Anda berolahraga setiap hari dengan hewan peliharaan Anda selama beberapa minggu dan kemudian berhenti, kemungkinan besar mengunyah akan kembali.

2. Latihan Jiwa

Melatih pikiran hewan peliharaan sama pentingnya dalam menangkal kebosanan mengunyah seperti halnya latihan fisik. Pelatihan kepatuhan, mempelajari trik baru, kelas kelincahan, berjalan-jalan di lingkungan baru, mengunjungi rumah teman, mengendarai mobil, bertengger di jendela, TV hewan peliharaan banyak kemungkinan, gunakan saja pikiran Anda untuk membantu hewan peliharaan Anda menggunakan miliknya!

3. Sediakan alat kunyah yang sesuai

Banyak anjing dan anak anjing mengunyah karena itu adalah keinginan naluriah. Memberi mereka sesuatu yang pantas dan diinginkan untuk dikunyah dapat menghilangkan kebiasaan mengunyah hal-hal yang tidak Anda inginkan! Ada banyak mainan kunyah yang diproduksi secara komersial untuk dipilih mengetahui kekuatan mengunyah anjing Anda akan membantu Anda memilih yang benar. Beberapa yang populer termasuk mainan karet berongga yang dapat diisi dengan makanan dan camilan dan bahkan dibekukan selama berjam-jam untuk hiburan, dan bola isi yang menyenangkan yang harus digulingkan oleh hewan peliharaan untuk mengeluarkannya.

Pilihan lain, dengan persetujuan dokter hewan Anda: tulang mentah segar yang besar (mentah sehingga tidak akan pecah, tulang yang dimasak tidak aman) dari tukang daging dapat memberikan jam mengunyah yang diawasi dan sangat bersemangat! Kucing sering suka mengunyah rumput kucing, yang bisa Anda tanam dari bijinya, atau beli dalam pot di banyak toko perlengkapan hewan peliharaan.

4. Pengalihan

Jika Anda melihat hewan peliharaan Anda mengunyah sesuatu yang tidak pantas, Anda dapat mengatakan “tidak” dan menawarkan salah satu mainan kunyahnya. Ini dapat membantu untuk memiliki 7 mainan kunyah yang berbeda, dan mengeluarkan mainan “baru” setiap hari, mengambil dan menyimpan mainan “lama” di penghujung hari. Hewan peliharaan sangat senang mendapatkan sesuatu yang “baru”  lebih menarik dan karena itu menjaga perhatian mereka lebih lama. Mungkin perlu beberapa percobaan dan kesalahan untuk menemukan mainan kunyah yang mereka sukai lebih dari yang mereka pilih (kaki meja Anda misalnya).

Anda dapat membuat barang-barang rumah tangga Anda kurang diminati dengan menyemprotkannya dengan obat pengunyah yang aman untuk hewan peliharaan, menutup hewan peliharaan dari area tersebut dengan barang-barang tersebut, atau menutupinya dengan kertas timah atau penutup kunyah yang tidak menyenangkan sebagai solusi sementara untuk mendapatkannya. dalam kebiasaan mengunyah mainan kunyah mereka sebagai gantinya.

Latih Anjing Anda untuk Berhenti Menggonggong di Rumah

Pertama, penting untuk memahami mengapa anjing menggonggong. Mereka menggonggong untuk berkomunikasi, sama seperti kita berbicara. Beberapa jenis gonggongan yang umum termasuk gonggongan waspada untuk memberi tahu Anda tentang sesuatu, gonggongan defensif untuk menghindari atau menghentikan sesuatu yang tidak disukai anjing, gonggongan perhatian untuk perhatian Anda, gonggongan frustrasi ketika bingung atau stres, dan gonggongan kebosanan yang terjadi sebagai pelampiasan. untuk anjing untuk menghibur dirinya sendiri. (Lihat buku Karen Pryor untuk penjelasan lebih rinci tentang mengapa anjing menggonggong.)

Tidak semua menggonggong adalah masalah. Seringkali itu adalah cara alami bagi anjing Anda untuk memberi tahu Anda bahwa dia ingin pergi ke luar atau lapar. Tetapi ketika menghadapi anjing Anda menggonggong secara berlebihan, pertimbangkan bahwa itu sering merupakan gejala dari masalah lain seperti kecemasan atau kebosanan. Menggonggong adalah gejala dan tidak akan hilang sampai sumbernya ditangani, jadi pertimbangkan apa yang terjadi pada anjing Anda yang menyebabkannya menggonggong sebelum membuat rencana tindakan.

Misalnya, jika anjing Anda menggonggong untuk meminta perhatian, salah satu cara paling efektif untuk menanganinya adalah dengan menghilangkan apa yang ia inginkan perhatian Anda saat ia menggonggong. Ketika dia berhenti menggonggong, berikan anjing Anda semua perhatian dan cinta yang Anda bisa! Dia akan segera belajar bahwa menjadi pendiam membuat dia mendapatkan apa yang dia inginkan dan akan memasangkan gonggongan dengan Anda yang mengabaikannya.

Jika anjing Anda waspada menggonggong ketika seseorang datang ke pintu, ucapkan terima kasih atas bantuannya dan beri tahu dia bahwa Anda telah mengendalikannya. Kemudian lempar bola atau mainan yang dia suka untuk mengalihkan fokusnya dari mengingatkan Anda dan ke permainan. Anda juga dapat mengajari anjing Anda untuk diam sesuai perintah dengan bantuan pelatih atau kelas pelatihan anjing. Dengan mengajari anjing Anda untuk menggonggong, Anda juga bisa mengajarinya untuk diam.

Jika anjing Anda menggonggong saat Anda pergi, terimalah bahwa lingkungan dan pengaturan yang Anda miliki memperkuat gonggongannya. Dan menggonggong, sayangnya, merupakan perilaku penguatan diri yang menjadi kebiasaan yang dipelajari. Jadi, jika Anda ingin menghentikan anjing Anda menggonggong saat Anda tidak di rumah, ubah pengaturan yang secara tidak sengaja memperkuat gonggongan. Misalnya, jika anjing Anda menggonggong ketika dia sendirian di halaman belakang, cobalah menyimpannya di dalam peti sebagai gantinya saat Anda pergi.

Jika menurut Anda suara jalanan tertentu memicunya saat Anda pergi, coba tinggalkan musik klasik yang diputar. untuk menenangkannya, atau lihat CD khusus anjing yang menenangkan untuk tujuan tersebut. Jika anjing Anda menggonggong pada orang atau anjing lain yang melewati jendela, tarik kerai atau jauhkan anjing dari ruang depan kecuali Anda berada di sana untuk mengatasi masalah tersebut.

Ingatlah bahwa anjing Anda mungkin menggonggong saat Anda meninggalkan rumah karena ia hanya bosan. Apakah anjing Anda mendapatkan cukup latihan dan stimulasi? Jika dia baik dengan anjing lain, pertimbangkan untuk mengadopsi anjing kedua sehingga mereka dapat menemani satu sama lain dan bermain saat Anda pergi, atau cobalah memelihara hewan peliharaan dengan kelompok penyelamat lokal untuk melihat apakah itu membantu menghilangkan kebosanan dan gonggongan.

Bereksperimenlah dengan memberi anjing Anda mainan kunyah seperti tongkat pengganggu atau Kong (paling baik jika diisi dengan selai kacang atau camilan) untuk membuatnya tetap sibuk saat dia sendirian di rumah. Beri dia camilan sebagai proyek untuk dikerjakan tepat saat Anda berjalan keluar pintu karena ini akan membantunya tetap sibuk dan juga mengaitkan ketidakhadiran Anda secara positif. Cobalah hanya memberinya camilan kunyah bernilai tinggi ini saat dia sendirian di rumah. (Harap diperhatikan: jika Anda memiliki lebih dari satu anjing, jangan biarkan mereka tanpa pengawasan dengan makanan kunyah bernilai tinggi karena dapat menyebabkan pertengkaran.)

Singkatnya, perhatikan dan dengarkan anjing Anda. Apa yang menyebabkan dia menggonggong saat Anda di rumah? Itu adalah indikator bagus tentang apa yang menyebabkan dia menggonggong saat Anda tidak di rumah. Kemudian cari tahu bagaimana Anda bisa mengurangi pemicu ini untuknya dan membuatnya berhasil tanpa gonggongan!

Share this: