Cara Memperkenalkan Anjing Baru Kepada Anjing Lama Anda

Cara Memperkenalkan Anjing Baru Kepada Anjing Lama Anda – Kita sebagai pecinta anjing perlu paham perihal perkenalan kepada setiap anjing. Jika kita memiliki anjing dan ingin menambah anjing lagi untuk menemani anjing anda yang sebelumnya, perlu anda pahami apakah anjing ada bisa menerima anjing baru anda? kenali dan pahami perilaku anjing anda dan pahami anjing yhang seperti apa yang cocok dengan anjinga anda agar tidak terjadi pertengkaran di dalam rumah anda. Cara yang akan dijelaskan di bawah ini untuk anjing dewasa.

Cara Memperkenalkan Anjing Baru Kepada Anjing Lama Anda

acvimfoundation – Jika Anda tidak tahu apakah anjing Anda baik dengan anjing lain, atau pernah menunjukkan jenis agresi apa pun kepada anjing lain (menggeram, menggonggong), lakukan perkenalan dengan pelatih. Idealnya, Anda akan menilai anjing rumah tangga Anda saat ini sebelum Anda menambahkan anak anjing ke dalam campuran. Pertimbangkan kondisi fisik hewan Anda saat ini. Banyak orang berpikir memelihara anak anjing akan ‘menghidupkan’ anjing mereka yang lebih tua. Kebanyakan anjing yang lebih tua atau tenang/pendiam cukup puas sebagaimana adanya dan mungkin tidak toleran dan sangat tidak senang dengan perilaku riuh anak anjing.

Baca Juga : 6 Langkah Memperkenalkan Kucing Baru ke Anjing Anda

Dalam rumah tangga multi-anjing, anak anjing baru dapat kehilangan keseimbangan dan semua orang mungkin perlu diingatkan tentang pelatihan mereka. Kecocokan temperamen dan tingkat energi untuk hewan peliharaan Anda saat ini biasanya yang paling cocok, tetapi jika Anda memiliki anak anjing dan anjing yang lebih tua, berikut adalah beberapa saran untuk memulainya dengan awal yang terbaik! Cermati dan pahami lebih dalam untuk langkah – langkah berikut agar tidak terjadi suatu pertikaian antara anjing lama anda dengan anjing baru anda supaya bisa saling mengenal dan akrab satu sama lain.

1. Siap-siap.

Pastikan anjing Anda mengikuti semua vaksinasi mereka, termasuk bordatella (batuk kennel) terutama jika anak anjing tersebut berasal dari tempat penampungan atau kennel penyelamat, atau telah terpapar dengan anjing lain dalam 2 minggu terakhir yang berasal dari atau di sebuah kandang. Dapatkan rekomendasi dokter hewan Anda apakah pemisahan total (karantina) diperlukan dan untuk berapa lama.

Ada banyak penyakit yang berpotensi fatal yang dapat ‘diinkubasi’ oleh anak anjing yang tidak akan muncul hingga dua minggu. Hewan peliharaan yang diubah cenderung tidak bersifat teritorial, jadi disarankan untuk memperbaiki anjing Anda saat ini setidaknya 1 bulan sebelum memperkenalkan anak anjing. Juga perlakukan anjing Anda saat ini untuk pencegahan kutu dan parasit lainnya seperti yang direkomendasikan oleh dokter hewan Anda.

2. Pemisahan total.

Memiliki anak anjing baru di rumah sudah cukup untuk membiasakan anjing Anda yang lebih tua, tanpa harus berurusan dengan anak anjing yang melompat-lompat di atasnya dan mainannya, tempat tidur, dll. Cobalah untuk membuat ruang awal anak anjing menjadi tempat anjing dewasa Anda tidak digunakan untuk tidur atau makan dan tahan anjing (kamar mandi berfungsi dengan baik), atau menggunakan peti. Beri makan, mainkan, dan latih secara terpisah, berikan waktu yang sama untuk kedua anjing.

3. Perkenalan pertama.

Pilih wilayah netral dan asing, seperti jalan atau taman yang biasanya tidak Anda kunjungi, atau jika anak anjing belum menyelesaikan vaksinasinya, tanyakan pada tetangga apakah Anda dapat menggunakan halaman mereka. Semua anjing dan anak anjing baru harus memakai kalung anjing. Jika Anda sudah memiliki lebih dari satu anjing di rumah, perkenalkan mereka kepada anak anjing tersebut satu per satu. Mulailah dengan anjing Anda yang paling ramah dan patuh.

4. Untuk anak anjing yang sangat muda (4 bulan ke bawah)

Mulailah dengan meminta seorang teman menggendong anak anjing itu. Dengan anjing dewasa Anda yang ramah dengan tali, biarkan dia mengendus dengan baik. Kemudian pisahkan mereka, letakkan anak anjing itu (anak anjing juga diikat) dan biarkan anjing-anjing itu saling mendekat dengan kecepatan mereka sendiri. Untuk anak anjing yang lebih tua atau yang terlalu besar untuk dipegang dengan mudah, Anda bisa mulai dengan kedua anjing di tali, dan biarkan anjing dewasa mendekat dan kaku saat Anda menahan anak anjing untuk melompat atau mengendus, gilirannya hanya setelah dewasa.

5. Tetap santai! Anjing bisa merasakan jika Anda tegang.

Cobalah untuk menjaga kalung anjing tetap kendur setiap saat. Dorongan verbal, seperti “anjing yang baik!” memperkuat setiap perilaku yang baik. Jika anjing dewasa ingin menjauh dari anak anjing, jangan “memaksa” dia untuk menyapa. Jika ada geraman atau tanda-tanda agresi lainnya, Anda mungkin perlu melakukan pengenalan yang lebih lambat, seperti berjalan di sekitar lingkungan bersama, dengan anak anjing berjalan di belakang (tidak dapat menyentuh) anjing dewasa. Jika agresi berlanjut, konsultasikan dengan ahli perilaku atau pelatih. Jika semuanya berjalan dengan baik, biarkan anjing menghabiskan lima atau sepuluh menit bersama dan kemudian lanjutkan ke langkah berikutnya.

6. Sesi singkat.

Pergi jalan-jalan bersama adalah aktivitas ikatan yang luar biasa! Bahkan satu atau dua kali jalan kaki sehari sudah cukup untuk menghabiskan waktu bersama di minggu pertama. Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda dapat maju ke akses tanpa tali yang diawasi satu sama lain, sering kali setelah berjalan-jalan bersama, ketika keduanya akan lebih santai setelah berolahraga. Pilih area bermain seluas mungkin sehingga anjing memiliki ruang untuk bergerak. Keluarkan semua mainan dari area bermain bersama untuk menghindari kemungkinan pertengkaran atas mainan. Akhiri sesi bermain jika anjing yang lebih tua berulang kali menunjukkan perilaku ‘berhentikan saya’ seperti mencoba menghindari anak anjing, menunjukkan gigi, atau menggeram/gertakan. Lihat bagian berikutnya.

Baca Juga : 10 Masalah Kesehatan Paling Umum pada Anjing

7. Perilaku yang diperbolehkan.

Terutama sebelum usia 4 bulan, atau jika mereka tidak berada di sekitar anjing lain, anak anjing mungkin tidak mengenali sinyal bahasa tubuh halus dari anjing dewasa bahwa mereka sudah cukup. Anjing dewasa yang bersosialisasi dengan baik dengan temperamen yang baik dapat menetapkan batasan dengan anak anjing yang menggeram atau melengkungkan bibir. Perilaku ini harus diizinkan, dengan alasan – sekali atau dua kali tidak apa-apa, terutama jika anak anjing “belajar” dan menghentikan perilaku tersebut.

Jangan mengoreksi anjing dewasa yang menunjukkan sinyal mundur yang “benar”, tetapi lakukan langkah untuk menghentikan alasannya: jangan biarkan anak anjing Anda terus mengganggu anjing dewasa Anda dengan permainan yang terlalu kasar atau tidak diinginkan. Masuk dan arahkan gigi anak anjing ke mainan dan ajak dia bermain dengan Anda, atau akhiri sesi bermain sepenuhnya. Untuk sebagian besar, anjing menyesuaikan diri dengan anak anjing dari waktu ke waktu, tetapi karena konsekuensi dari suatu masalah bisa parah, adalah bijaksana untuk mengikuti proses pengenalan yang lambat seperti yang diuraikan di atas untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik dengan menambahkan anak anjing baru ke rumah Anda.

Share this: