10 Tips Perawatan Hewan Peliharaan yang Bertanggung Jawab

10 Tips Perawatan Hewan Peliharaan yang Bertanggung Jawab – Sebagai orang tua hewan peliharaan Anda ingin melakukan semua yang Anda bisa untuk merawat hewan peliharaan Anda; ini melibatkan kegiatan rutin setiap hari untuk memastikan mereka tetap bahagia dan sehat. Latih sepuluh tips perawatan hewan peliharaan yang bertanggung jawab ini dari tahun ke tahun untuk kucing dan anjing yang bahagia dan sehat seumur hidup.

10 Tips Perawatan Hewan Peliharaan yang Bertanggung Jawab

1. Rutin Mengunjungi Dokter Hewan

acvimfoundation – Kepemilikan hewan peliharaan yang sangat bertanggung jawab bisa dimulai dengan rutin mengunjungi ke dokter hewan. Karena mereka memiliki umur yang lebih pendek daripada manusia, anjing atau kucing Anda harus diperiksa setidaknya sekali atau dua kali setahun. Tergantung pada jadwal vaksinasi hewan peliharaan Anda, mereka mungkin pergi lebih sering ketika mereka masih muda, tetapi membangun dan menjaga kesehatan hewan peliharaan yang baik berarti menerima kunjungan dokter hewan tepat waktu seiring bertambahnya usia mereka.

Baca Juga : Cara Merawat Anjing atau Anak Anjing Saat Anda Sibuk Bekerja

Perjalanan ke dokter hewan bisa, harus kita katakan, menantang. Kucing, khususnya, mungkin enggan meninggalkan rumah mereka yang nyaman, tetapi ada cara untuk mengurangi stres bagi Anda berdua. Menyesuaikan kucing Anda dengan pembawanya saat ia masih anak kucing adalah praktik yang baik (dan menghindari skenario melarikan diri dan bersembunyi di bawah tempat tidur).

Anjing cenderung suka naik mobil. Ajak anak anjing Anda naik joyrides, jadi dia tidak akan mengasosiasikan masuk ke mobil dengan pergi ke dokter hewan. Dan banyak hewan peliharaan tidak keberatan pergi ke kantor dokter hewan, terutama jika Anda memilih dokter hewan yang cocok untuk teman kecil Anda.

2. Memberikan Vaksin Untuk Hewan

Memvaksinasi hewan peliharaan Anda adalah komponen penting dari perawatan hewan peliharaan yang bertanggung jawab. Segera setelah menyambut hewan peliharaan baru Anda ke rumah Anda, jadwalkan janji imunisasi. Selama kunjungan pertama Anda, dokter hewan akan mengatur jadwal imunisasi untuk anak anjing atau kucing kecil Anda untuk melindungi mereka dari penyakit dan penyakit. Vaksinasi untuk anak anjing harus dilakukan lebih awal pada anak anjing Anda beberapa minggu pertama setelah Anda membawanya pulang.

Bicaralah dengan dokter hewan Anda pada janji temu pertama Anda, kapan waktu yang tepat untuk menjadwalkan kunjungan itu. Mereka membantu mencegah penyakit seperti rabies, penyakit Lyme, dan distemper. Kucing mendapat manfaat dari vaksin yang mencegah virus herpes kucing, leukemia kucing, dan rabies. Jika Anda mengadopsi hewan dewasa atau senior, pastikan mereka juga diimunisasi. Vaksinasi memang membutuhkan pembaruan dan tidak hanya untuk hewan peliharaan muda.

3. Identifikasi yang Tepat

Jika hal yang tidak terpikirkan terjadi dan si kecil tersesat — anak-anak khususnya cenderung berlari keluar — memiliki identifikasi yang tepat adalah kunci untuk akhir yang bahagia. Mulailah dengan dasar-dasar: kalung pengaman, dan tag yang berisi semua informasi kontak Anda. Selain tag ID, disarankan untuk menggunakan microchip pada hewan peliharaan Anda, karena selalu ada kemungkinan kalung akan terlepas.

Microchip, perangkat elektronik seukuran dan bentuk sebutir beras, ditanamkan di bawah kulit hewan peliharaan Anda dan dapat dibaca oleh pemindai yang menarik informasi identifikasi Anda. Kombinasi dari bentuk-bentuk identifikasi ini akan sangat membantu menyatukan kembali Anda dan hewan peliharaan kesayangan Anda, tetapi hanya jika Anda selalu memperbarui informasi kontak Anda.

4. Memandulkan / Mengebiri

Mensterilkan hewan peliharaan Anda mencegah sejumlah masalah kesehatan, termasuk kehamilan yang rumit, dan mengurangi jumlah hewan tunawisma. Memandulkan kucing Anda (mengangkat rahim dan indung telur) sangat mengurangi risikonya terkena kanker serviks, menghilangkan risiko kanker ovarium, dan mencegahnya menjadi “panas”. Itu meminimalkan kemungkinan dia akan tersesat dari rumah untuk mencari pasangan, dan kucing jantan di dekatnya akan kurang agresif (dan mereka tidak akan menyemprot untuk menandai wilayah mereka, sesuatu yang menguntungkan Anda dan perabotan Anda).

Mengebiri anak anjing Anda membantu meringankan agresi dan roaming lingkungan, dan akan mencegah dia dari mendapatkan kanker testis. Karena memandulkan atau mensterilkan adalah operasi yang memerlukan anestesi umum, hewan peliharaan Anda kemungkinan akan menginap di kantor dokter hewan setidaknya selama satu malam untuk observasi dan pemulihan.

5. Memberi Makanan Sehat

Dua elemen terkait dari kepemilikan hewan peliharaan yang bertanggung jawab termasuk menyediakan hewan dengan air segar, dingin, dan makanan sehat setiap saat. Makanan hewan peliharaan yang tepat akan memperkaya kehidupan sahabat Anda, memberi mereka energi dan nutrisi yang mereka butuhkan. Dengan berbagai macam pilihan makanan untuk dipilih, ini bisa menjadi hal yang menakutkan, tetapi Anda bisa menjadi mahir dalam waktu singkat dengan membiasakan diri dengan bahan-bahan penting dan bagaimana mereka membantu anak anjing atau kucing Anda.

Saat memilih makanan kucing terbaik , cari keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak yang baik. Ini adalah bahan penting untuk makanan anjing, juga, seperti banyak serat untuk sistem pencernaan. Selain bahan-bahan yang sehat, pilih formula makanan hewan peliharaan yang sesuai dengan usia, kondisi kesehatan, dan tingkat aktivitas hewan peliharaan Anda, dan bicarakan dengan dokter hewan sebelum mengalihkan hewan peliharaan Anda ke makanan khusus.

6. Perawatan di Rumah

Sebagai pengasuh hewan peliharaan Anda, tugas Anda adalah memberi mereka kebiasaan kebersihan yang baik di rumah maupun di dokter hewan atau groomer. Menyikat gigi mereka, menyisir mantel mereka dan menyediakan mereka dengan makanan sehat semua membuat mereka dalam kondisi prima. Untuk tetap berada di jalur dengan perawatan hewan peliharaan yang bertanggung jawab, jadwalkan tugas kebersihan dan perawatan di kalender Anda dan coba gabungkan tugas, seperti sisir yang menenangkan setelah memotong kuku, hingga menjadi rutinitas.

7. Memberikan Tempat Nyaman Untuk Hewan

Saat musim berubah atau Anda mengatur ulang ruang hidup Anda, lihat sekeliling untuk melihat bahwa Anda menyediakan habitat yang aman dan nyaman bagi hewan peliharaan Anda. Tempat tidur anjing terlihat agak datar? Belikan anak anjing Anda yang baru. Area kotak sampah tidak memotongnya lagi? Merapikan kamar mandi kucing Anda dengan kotak dan sendok baru. Ini juga saat yang tepat untuk memeriksa potensi bahaya. Cari kabel atau kabel yang terbuka (hewan muda menganggap ini sebagai mainan kunyah yang bagus), amankan gerbang pengaman, perbaiki jendela atau tirai yang longgar, dan singkirkan tanaman yang beracun bagi hewan peliharaan Anda.

8. Pelatihan dan Sosialisasi

Salah satu aspek terpenting dari perawatan hewan peliharaan yang bertanggung jawab adalah memastikan anjing atau kucing Anda terlatih dengan baik, dan sosialisasi yang tepat adalah bagian dari itu. Memulai ketika mereka masih muda adalah yang terbaik dan paling efektif, tetapi tidak ada kata terlambat untuk mempelajari trik baru. Pelatihan toilet adalah prioritas nomor satu untuk setiap hewan yang berbagi rumah dengan Anda, seperti halnya melatih kepatuhan.

Mempelajari keterampilan sosialisasi akan membantu anak anjing atau kucing Anda terikat dengan Anda dan dengan hewan peliharaan lainnya. Tanyakan kepada dokter hewan atau tempat penampungan hewan setempat untuk rekomendasi pelatih yang baik di daerah Anda atau panduan pelatihan di rumah untuk dibaca. Hewan peliharaan yang terlatih dengan baik adalah hewan peliharaan yang bahagia, dan itu berarti orang tua hewan peliharaan yang bahagia.

9. Mengikuti Aturan Taman Anjing

Membawa anjing Anda ke luar untuk bermain adalah waktu yang menyenangkan, dan, sebagai makhluk sosial, anjing suka bermain-main di luar ruangan. Jika Anda memutuskan untuk membawa anak anjing Anda ke taman anjing, patuhi aturan yang diposting. Etiket taman anjing yang tepat , seperti membawa mainan sendiri dan tidak membawa makanan, membuat semua orang aman, terutama jika anjing agresif atau kurang bersosialisasi.

Bawalah camilan setelahnya untuk memberi penghargaan kepada pria Anda atas perilaku baiknya. Dokter hewan juga menyarankan Anda menunggu sampai anjing Anda setidaknya berusia empat bulan sebelum membawanya ke taman anjing untuk memastikan dia divaksinasi sebelum terpapar hewan lain.

Baca Juga : Cara Memeriksa Kesehatan Anjing Anda

10. Waktu Bermain yang Aman

Bukan rahasia lagi bahwa anjing dan kucing suka bermain, dan ini adalah aktivitas membangun hubungan yang efektif. Catat mainan mereka. Apakah mereka aman? Berhati-hatilah dengan boneka mainan tipis yang dapat menimbulkan bahaya tersedak dan ujung yang keras dan tajam yang dapat menyebabkan cedera. Buang dan ganti mainan yang sudah usang. Membuat mainan kucing dan mainan anjing DIY adalah cara yang bagus dan murah untuk menghadirkan lebih banyak kesenangan dalam mengasuh hewan peliharaan!

Ingat, kiat-kiat ini tidak berlaku hanya selama liburan hewan peliharaan — jadikan itu bagian dari peran pengasuhan hewan peliharaan biasa Anda, dan Anda dan hewan peliharaan Anda akan menuai manfaatnya seumur hidup!

Share this: