5 Cara Merawat Kucing Diare Agar Cepat Sembuh

5 Cara Merawat Kucing Diare Agar Cepat Sembuh

5 Cara Merawat Kucing Diare Agar Cepat Sembuh – Diare ialah sebuah penyakit yang bisa menjangkit manusia dan hewan. Penyakit ini sering juga disebut dengan mencret. Ada beberapa tipe mencret ini, pertama sering keluar dan encer, kedua agak encer dan sering keluar, ketiga bisa encer atau tidak terlalu encer dan tidak sering keluar. Pastinya, diare pada kucing ini akan membuat kucing sering buang kotoran disembarang tempat. Terutama bagi kucin yang sudah aktif di tempat khusus. Karena kucing tidak dapat menahan kotoran yang hendak keluar.

Kuman dan bakteri yang menyebabkan diare ini juga bisa menular kepada siapa saja. Untuk itu, merawat kucing yang terkena diare ini sebaiknya ekstra telaten dan teliti. Berikut ini ada 5 cara merawat kucing diare agar cepat sembuh.

– Bawa ke dokter
Periksakan kucing ke dokter terlebih dahulu sebelum memberikan obat. Sebelum ke dokter sebaiknya periksa terlebih dahulu, feses kucing tersebut ada cacing atau hewan lain tidak. Apabila feses encer disertai dengan cacing maka hal tersebut juga perlu disampaikan pada dokter.

– Berikan obat sesuai aturan
Kemudian sampai di rumah sebaiknya berikan obat secara rutin. Dan pastikan dosis yang diberikan sesuai dengan aturan yang sudah dokter berikan. Tentu saja pemberian obat ini akan lebih efektif apabila dibantu dengan obat herbal layaknya manusia. Diare ini cukup mudah untuk kucing karena tubuhnya lebih kecil, sedang cara pengobatannya mirip dengan manusia. Berikan saja tumbukan daun jambu dengan pipet. Caranya, daun jambu diperas dan diambil airnya saja. Maksimal 1/2 sdt untuk kucing kecil sedangkan 1 sdt untuk kucing besar. Pastikan pemberian perasan daun jambu ini tidak bersamaan dengan obat. Beri jeda sekitar 1-2 jam karena fungsinya hanya untuk mempercepat penyembuhan.

– Perhatikan makanannya
Aneka makanan yang ditelan oleh kucing sebaiknya diperhatikan dengan benar. Jangan sampai kucing konsumsi makanan sembarangan, terutama yang sudah basi. Jaga kebersihan tempat makan dan minum kucing. Usahakan segala makanan yang masuk ke mulut terhindar dari kuman dan bakteri. Apabila ada sisa makanan yang sudah basi maka langsung saja buang.

– Biarkan tetap dikandang
Akan lebih baik juga jika kucing berada di dalam kandang terlebih dahulu. Cara ini dapat membuat kucing cepat sembuh karena ia akan banyak istirahat. Maksimal selama 3 hari saja biasanya kucing sudah sembuh jika rutin memberi obat dan pemberian makan yang bersih.

– Bersihkan kandang secara rutin
Kandang yang bersih akan membuat kucing terhindar dari penyakit. Terutama rajin bersihkan kotoran kucingnya. Apabila bak pasir sudah penuh dengan kotoran maka segera buang sebelum menumpuk. Biasanya, kotoran kucing yang tidak segera dibuang akan membuat kucing mudah sakit. Selain itu, bak pasir yang kotor akan membuat kucing tidak nyaman berada di kandang. Meski dia hanya diam atau tidak ribut, namun sebenarnya bau busuk dari kotoran dapat tercium dengan mudah.

Itulah 5 cara merawat kucing diare agar cepat sembuh. Biasakan selalu jaga kebersihan lingkungan kucing. Baik itu kandang, tempat makan, atau lingkungan bermain. Segala aktivitas yang kotor akan membuat kucing mudah sakit. Sebenarnya tidak hanya kucing, bahkan manusia juga butuh menjaga kebersihan agar kesehatan bisa selalu terjaga. Bukankah ada pepatah mengatakan bahwa mencegah jauh lebih mudah dibanding harus mengobati? Maka sebaiknya patuhi pepatah tersebut agar hidup tetap sehat.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *