mikkielim90@gmail.com Rjm7NgMsTv!vTj!

7 Cara Merawat Anak Anjing yang Terkena Kudis

7 Cara Merawat Anak Anjing yang Terkena Kudis – Anak anjing lebih rentan terkena penyakit dibanding anjing dewasa yang sudah bisa membersihkan diri. Pada dasarnya tubuh anak anjing memang memiliki antibodi sendiri yang dapat membunuh kuman dan bakteri. Hanya saja jika lingkungan tersebut kurang mendukung, anak anjing justru lebih mudah sakit dibanding anjing dewasa. Anjing yang sudah bisa membersihkan diri dan menjaga diri dari lingkungan yang kotor maka tubuhnya jauh lebih sehat. Berikut ini 7 cara mudah merawat anak anjing yang terkena kudis.

– Bawa ke dokter
Anjing yang terkena kudis sebaiknya segera bawa ke dokter hewan terpercaya. Hal ini dapat menjadi tindakan penting karena bisa saja kudis tersebut menular ke manusia. Apabila sudah menyebar maka cara mengatasinya justru akan terasa lebih sulit dan lama. Biasakan menggunakan sarung tangan dan masker (penutup hidung) saat mendekati anjing yang kudisan. Karena bakteri dan virus bisa saja menular dan tertelan melalui mulut atau hidung.

– Berikan kandang yang bersih dan nyaman
Memberikan kandang yang bersih dan nyaman wajib bagi Anda yang ingin merawat anak anjing kudisan. Mengapa? Sebab, awal masuknya penyakit itu bermula dari lingkungan yang kotor.

– Penuhi segala kebutuhan
Kebutuhan anjing akan makan, minum dan selimut perlu diperhatikan dengan benar. Jangan lupa ikuti petunjuk dokter. Jika dokter memberi saran untuk rutin dimandikan maka ikutilah dengan tertib. Namun jika dokter menyarankan untuk tidak dimandikan terlebih dahulu, mungkin bisa dilap dengan air hangat saja. Agar kuman dan kotoran biisa hilang. Kemudian bagian tubuh yang kotor sebaiknya segera dibersihkan apabila sudah kotor. Jangan lupa selalu gunakan masker dan sarung tangan agar tubuh Anda tetap bersih dan terhindar dari bakteri.

– Berikan obat secara rutin
Dokter lebih tahu obat yang pas untuk anak anjing Anda. Berikan obat sesuai dengan dosis yang diberikan agar anak anjing tidak mengalami over dosis. Bahaya jika anak anjing mengalami over dosis karena bisa menyebabkan kematian.

– Perhatikan anjing lain agar tidak tertular
Pisahkan anjing tertular dengan anjing yang sehat. Hal ini sangat penting dan berguna agar bakteri tidak berpindah ke hewan lain. Apabila ada 2 atau 3 anjing yang terkena kudis sebaiknya Anda tetap memisahkan mereka agar proses penyembuhan bisa lekas selesai. Sebab jika dicampur ada kemungkinan bakteri tersebut akan terus berputar sehingga proses penyembuhan tidak akan kunjung selesai.

– Jaga anjing agar tidak mengalami stress
Saat anak anjing terjauhkan dari anjing yang lain maka ada kemungkinan anak anjing akan mudah stress. Buatlah sebuah zona permainan tertentu agar anak anjing tetap bebas bermain, terutama bermain di luar rumah. Ini penting agar tubuh sehat dan bugar. Bagi anak anjing pergi keluar dan beramain merupakan olahraga yang bisa menghindarkan dari rasa stress.

– Rutin cek ke dokter
Periksa rutin ke dokter merupakan salah satu cara penting yang sebaiknya Anda lakukan. Terutama jika obat sudah mulai habis. Apabila agak keberatan mengenai biaya, tentu bisa konsultasikan pada dokter agar proses pengobatan tetap berjalan dengan rutin. Mungkin obat dengan harga lebih murah atau gunakan obat yang mudah didapat. Jangan lupa berikan vaksin apabila pengobatan sudah selesai agar anjing terbebas dari segala macam penyakit.

Itulah 7 cara mudah merawat anak anjing yang terkena kudis. Semoga anak anjing Anda lekas sembuh.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *