Begini Cara Memandikan Anjing Yang Baik dan Benar

Begini Cara Memandikan Anjing Yang Baik dan Benar – Memandikan anjing bisa menyenangkan atau menantang! Anda mungkin tidak mengharapkannya, tetapi bahkan anjing yang paling tidak terlatih pun akan sangat baik ketika Anda memandikannya. Anjing dapat memahami bahwa Anda membantu mereka menjadi bersih, dan sangat menghargainya.

Begini Cara Memandikan Anjing Yang Baik dan Benar

acvimfoundation Jika Anda seorang pemandi anjing yang berpengalaman, Anda mungkin berpikir seluruh artikel blog tentang cara memandikan anjing agak konyol. Tetapi untuk pemula mandi anjing, mengetahui apa yang diharapkan dan bagaimana mempersiapkan pengalaman dapat membuatnya kurang mengintimidasi pertama kali, dan segera mereka akan menjadi pemberi mandi anjing ahli juga.

Baca Juga : Cara Menjauhkan Anjing Dari Meja Dapur Demi Kebersihan

Berikut adalah beberapa langkah sederhana agar acara memandikan anjing Anda berjalan lancar bagi Anda dan anak anjing Anda.

  • Lokasi mandi:

Putuskan di mana Anda akan mandi. Jika Anda berada di apartemen atau tidak memiliki halaman, kemungkinan besar itu ada di bak mandi atau pancuran Anda. Wastafel dapur dapat bekerja untuk anjing yang sangat kecil (di bawah 10 pon), jika Anda memiliki wastafel dapur besar yang rata, dengan keran Anda dapat benar-benar menyingkir.

Bahkan jika Anda memiliki halaman, memandikan anjing dengan air dingin dari selang tidak terlalu menyenangkan bagi Anda berdua, kecuali pada hari-hari terpanas. Anda kemungkinan akan menjadi sangat basah juga! Tetapi seringkali ini adalah satu-satunya pilihan untuk anjing yang terlalu besar untuk Anda angkat jika Anda hanya memiliki bak mandi. Anda tidak dapat mengharapkan seekor anjing besar untuk melompat ke dalam bak mandi.

  • Perlengkapan mandi

Sikat anjing Sampo yang aman untuk anjing Kondisioner yang aman untuk anjing (opsional) Handuk Nosel pancuran, atau mangkuk plastik atau cangkir besar, untuk mengambil air dari bak mandi untuk membasahi dan membilas.

  • Nosel pancuran

Jika Anda akan memandikan anjing Anda di rumah secara teratur, memiliki nosel semprot di ujung selang yang terpasang ke keran Anda, sehingga Anda dapat menyemprot anjing Anda dengan air dengan suhu yang tepat untuk membasahi dan membilasnya, membuat waktu mandi jadi lebih mudah.

  • Temukan penolong

Meminta seseorang untuk menggendong anjing saat Anda memandikannya sehingga mereka tidak melompat keluar dari bak mandi sangat ideal. Jika Anda tidak dapat menemukan penolong, mandikan mereka dengan menggunakan tali kekang atau tali pengikat, sehingga Anda memiliki kontrol lebih – Anda akan memandikan mereka dengan satu tangan, jadi ini akan memakan waktu lebih lama.

Langkah-langkah untuk memandikan anjing Anda di bak mandi:

1. Sikat anjing Anda.

Jika anjing Anda memiliki bulu yang lebih panjang, pastikan bulunya tidak kusut. Matts akan menjadi tidak mungkin untuk disikat setelah menjadi basah.

2. Atur suhu air pancuran atau bak mandi menjadi hangat.

Sehangat yang Anda miliki untuk bayi manusia. Jika Anda tidak memiliki semprotan nosel, isi bak hingga paling banyak enam inci, bahkan untuk anjing besar. Lebih banyak air biasanya hanya berarti lebih banyak kekacauan! Anda juga tidak ingin anjing Anda merasa harus berenang, jadi pastikan ketinggian air cukup rendah sehingga tidak menyentuh perut mereka saat mereka berdiri di dalamnya.

3. Pastikan Anda memiliki semua perlengkapan di kamar mandi.

Bawa anjing Anda ke kamar mandi dan tutup pintunya. Angkat anjing Anda dan masukkan ke dalam air. Banyak pujian yang memberi tahu mereka betapa baiknya mereka.

4. Dengan menggunakan nosel semprot atau gelas plastik, basahi seluruh bulunya.

Jangan sampai air masuk ke telinga atau mata mereka cukup gunakan tangan Anda yang basah untuk membasahi bulu di telinga dan wajah mereka, jangan menuangkan air ke atas kepala mereka.

5. Sampo

Taruh sedikit sampo anjing di tangan Anda. Memulai dengan lebih sedikit lebih baik, jadi Anda tidak perlu membilas terlalu banyak! Busa mulai dari ekornya. Anda sering dapat mendorong busa sampo melalui bulunya sehingga Anda tidak perlu menggunakannya terlalu banyak. Untuk membersihkan telinga dan wajah mereka, usap tangan Anda yang hampir tidak bersabun di bagian luar telinga mereka (jangan di bagian dalam) dan wajah mereka dengan menghindari mata dengan jarak yang lebar.

6. Bilas

Bilas semua sampo secara menyeluruh menggunakan semprotan nosel atau menyendoki air dari dasar bak mandi.

7. Keringkan

Angkat dari bak mandi, dan handuk. Anda sudah selesai, Anda memiliki anjing yang bersih! Sekarang yang harus Anda lakukan adalah membersihkan bak mandi,

Bagaimana dengan pengering rambut? Anjing benar-benar tidak menyukai suara pengering rambut. Tetapi jika anjing Anda lebih tua, adalah anak anjing, atau rentan terhadap kedinginan dan rumah Anda sejuk, Anda mungkin ingin mengeringkannya dengan pengering rambut, disetel ke sedang (tidak panas) dan ditiup dari jarak sekitar 2 kaki dari mereka.

Bulu sambil menjalankan tangan Anda di atas bulu pada saat yang sama, jadi Anda memastikan tidak terlalu hangat. Anda juga dapat melibatkan mereka dalam beberapa permainan aktif (berlomba mengelilingi meja ruang tamu!) untuk meningkatkan suhu tubuh internal mereka.

5 Manfaat Memandikan Anjing Anda

1. Memperkuat Ikatan Anda

Waktu mandi menciptakan interaksi positif khusus dengan anjing Anda. Anjing Anda akan belajar bagaimana menikmati waktu mandi dengan cara yang berbeda (terutama jika anjing Anda tidak suka mandi).

2. Anjing Anda Merasa Baik, Segar, dan Bersih

Mandi menghilangkan kotoran dan bau dari kulit dan bulu anjing Anda. Koru Bear selalu terasa enak dan berbau harum setelah mandi. Memandikan anjing Anda seperti memberikan pijatan pada anjing juga. Ini terjadi saat menyabuni sampo pada kulit dan bulu anjing Anda. Ini adalah waktu mandi favorit Koru Bear. Dog Dad memberikan pijat mandi anjing terbaik.

3. Memantau Kesehatan Anjing Anda

Memandikan anjing Anda dapat mencegah kondisi kesehatan. Untuk anjing yang rentan terhadap alergi, mandi air segar dapat mencegah gatal dan minum obat apa pun. Deteksi dini sangat penting, jadi selama waktu mandi, penting untuk membiasakan memeriksa kulit anjing Anda untuk kelainan, iritasi, benjolan, dan luka. Jauh lebih mudah untuk mengobati masalah yang terdeteksi sejak dini. Jika Anda mencurigai adanya masalah, segera hubungi dokter hewan Anda.

Baca Juga : Pro dan Kontra Memiliki Siberian Huskies sebagai Hewan Peliharaan

4. Anjing Bahagia, Rumah Bahagia

Anjing yang bersih adalah anjing yang bahagia! Beberapa survei menunjukkan bahwa memandikan anjing dapat memberikan manfaat kesehatan yang penting bagi Anda dan keluarga. Anggota keluarga menderita lebih sedikit alergi dan penyakit. Memandikan anjing Anda juga membantu menjaga lingkungan hidup Anda lebih bersih. Tidak ada bau anjing yang buruk yang akan tertinggal di rumah Anda dan lebih sedikit kerontokan yang akan terjadi. Semua orang akan merasa nyaman dan aman.

5. Lebih Sedikit Kunjungan ke Dokter Hewan

Rutinitas mandi akan menjaga anjing Anda dalam kondisi prima dan sehat; dengan demikian menjauhkan anjing Anda dari mengunjungi dokter hewan.

Share this: