Panduan Memilih Hewan Peliharaan

Panduan Memilih Hewan Peliharaan

Panduan Memilih Hewan Peliharaan – Memelihara hewan peliharaan di rumah sama sekali bukan ide yang buruk. Dengan menghadirkan seekor atau bahkan lebih makhluk hidup di rumah, dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Setelah lelah seharian berada di luar rumah, rasanya akan sangat menyenangkan jika pada saat pulang Anda bisa bercengkerama dengan kucing kesayangan Anda, atau bermain dengan ceria bersama anjing pintar Anda.

Memiliki hewan peliharaan juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung yang disebabkan karena rasa kesepian. Itu berarti, sudah terbukti bahwa memelihara hewan memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan. Lalu bagaimana jika Anda belum memiliki hewan peliharaan dan tertarik untuk menghadirkannya di rumah? Maka, di bawah ini adalah panduan lengkap tips memilih hewan peliharaan bagi pemula.

  1. Tentukan Tujuan Anda Memelihara Hewan di Rumah
    Sebelum Anda yakin memilih hewan apa yang akan dipelihara, hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah tujuan utama dari memelihara hewan tersebut. Jangan sampai Anda memelihara hanya untuk kesenangan semata, karena bisa jadi Anda akan merasa bosan kapan saja dan beresiko hewan menjadi tidak terawat bahkan mati. Hewan peliharaan coock untuk menemani disaat sedang di rumah. Kucing atau anjing sangat cocok dijadikan hewan peliharaan rumah. Bersama mereka, hari-hari Anda di rumah tidak akan sepi.
  2. Harus Siap Berkomitmen
    Memelihara hewan berarti Anda harus siap berkomitmen baik dengan diri Anda sendiri maupun dengan calin peliharaan Anda. membutuhkan komitmen tenaga dan waktu dalam mengurus hewan peliharaan. Anda harus siap dengan berapa waktu luang yang akan Anda habiskan untuk memandikan peliharaan Anda, mengajaknya bermain di luar rumah, membawanya ke dokter hewan dan salon dan melatihnya berolahraga. Semua itu perlu Anda pikirkan.
  3. Membuat Anggaran Biaya
    Sebelum Anda yakin akan membawa kucing ataupun anjing ke rumah, perlu diketahui bahwa Anda akan mengeluarkan sejumlah biaya untuk perawatan mereka. Membeli makan kucing dan anjing tidak boleh sembarangan. Semakin tinggi nutrisi makanannya, biasanya harganya akan semakin mahal. Pastikan Anda membuat anggaran biaya pakan kucing/anjing yang habis per bulan.
    Biaya grooming juga perlu dipikirkan. Bila perlu, ambil paket untuk sekali grooming karena biayanya lebih murah dan perawatan yang didapatkan juga lebih lengkap. Siapkan juga dana cadangan apabila sewaktu-waktu peliharaan Anda jatuh sakit dan membutuhkan pergi ke dokter hewan.
  4. Sesuaikan Dengan Lifestyle
    Sebelum yakin merawat binatang, Anda harus pastikan jam keberadaan Anda selama di rumah. Hal dikarenakan hewan peliharaan seperti kucing atau anjing juga membutuhkan makan 3 kali sehari sama halnya dengan manusia. jika Anda tidak yakin bisa memberi makan hewan 3 kali sehari dengan tepat waktu, maka cari referensi hewan lain yang sesuai dengan gaya hidup Anda.
    Hamster dan ikan mungkin bisa menjadi pertimbangan soal jam makan. Selain makan, kedua hewan ini juga merupakan jenis hewan yang tidak membutuhkan banyak sosialisasi dengan majikannya. Anda dapat menaruhnya di kandang seharian dan membiarkannya bermain bersama kawanannya.
    Selain makan dan sosialisasi, hobi Anda juga perlu dipertimbangkan. Jika Anda adalah atlet atau seorang yang gemar lari, maka anjing husky dapat dijadikan pilihan hewan peliharaan agar bisa menemanin anda berlari dan Anda pun bisa sambil melatihnya.

Itulah beberapa hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mantap memilih hewan peliharaan. Jangan sampai Anda justru mencelakai hewan kesayangan Anda dan harus memeliharanya dengan baik.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *