Perawatan Kesehatan Dasar Pada Anjing

Perawatan Kesehatan Dasar Pada Anjing – Adalah bijaksana untuk memperhatikan kesehatan anjing, tetapi selalu pikirkan sumber informasi Anda. Ingat, ada banyak cerita istri tua tentang kesehatan anjing! Jika ragu, tanyakan pada dokter hewan. Jangan pernah memberikan obat manusia kepada hewan peliharaan.

Perawatan Kesehatan Dasar Pada Anjing

Mengebiri anjing Anda

acvimfoundation – Semua anjing memiliki hak atas rumah perawatan dan terlalu banyak anak anjing yang tumbuh menjadi anjing tunawisma. Untuk alasan ini semua anjing harus dikebiri. Baik pria maupun wanita pulih dengan cepat setelah operasi dan biasanya kembali normal dalam beberapa hari. Pastikan untuk mengikuti saran dokter hewan selama masa pemulihan.

Baca Juga : 10 Aturan Penting Perawatan Anak Anjing

Mengebiri memiliki manfaat kesehatan juga. Memandulkan betina di bawah usia satu tahun mengurangi risiko kanker payudara, kanker paling umum yang menyerang anjing betina. Kecuali dimandulkan, pelacur yang lebih tua berisiko mengembangkan pyometra yang berbahaya (rahim berisi nanah). Spaying juga mencegah kehamilan palsu yang dapat terjadi setelah satu musim (gejalanya adalah kemurungan dan produksi susu). Obat-obatan tersedia untuk menekan panas atau mencegah kehamilan setelah perkawinan yang tidak disengaja, tetapi ini dapat memiliki efek samping.

Pada pria, sterilisasi membuat penyakit prostat dan beberapa jenis kanker lebih kecil kemungkinannya. Ada juga risiko lebih kecil dari pertempuran atau kecelakaan saat roaming. Banyak pemilik khawatir bahwa hewan peliharaan mereka akan menjadi gemuk setelah dikebiri, tetapi ini mudah dicegah dengan memberi makan yang benar. Memberi makan berlebihan, bukan mengebiri, adalah penyebab sebenarnya dari obesitas. Hewan yang dikebiri membutuhkan lebih sedikit makanan, oleh karena itu kurangi jumlah yang diberi makan setelah dikebiri dan timbang anjing Anda secara teratur. Kadang-kadang, pelacur yang lebih tua mungkin mengeluarkan sedikit air seni saat tidur, tetapi ini dapat dengan mudah dikendalikan.

Pengebirian dapat dilakukan pada usia berapa pun tetapi, untuk manfaat terbesar, harus dilakukan di bawah usia satu tahun. Jalang tidak bisa dimandulkan saat panas, saat memproduksi susu selama kehamilan palsu atau setelah melahirkan. Dokter hewan Anda akan memberi tahu waktu yang tepat.

Vaksinasi anjing

Vaksinasi dapat melindungi anjing Anda dari penyakit mematikan, termasuk distemper dan parvovirus dan mungkin penting jika anjing Anda masuk ke kandang asrama. Diperlukan beberapa suntikan awal, diikuti dengan booster reguler (biasanya tahunan). Setiap suntikan mengandung campuran beberapa vaksin terhadap sebanyak tujuh penyakit yang berbeda. Anjing Anda tidak boleh dibawa keluar di area di mana anjing lain telah berada sampai kursus vaksinasi selesai. Dokter hewan Anda dapat menyarankan berapa lama untuk menunggu.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa bersosialisasi adalah bermanfaat bagi anak anjing (yaitu, untuk belajar bagaimana mengatasi berbagai situasi dan pengalaman, dan bagaimana berteman dengan anjing dan manusia lain) selagi muda, sebelum vaksinasi selesai. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter hewan Anda. Banyak dokter hewan sekarang menjalankan kelas anak anjing di mana anak anjing dapat belajar bersosialisasi dengan risiko penyakit yang minimal.

Batuk kennel biasanya tidak berbahaya, tetapi bisa mengganggu. Vaksinasi tersedia dan seringkali diperlukan untuk tinggal di kandang. Vaksinasi mungkin kontroversial, tetapi penyakit yang mereka cegah masih ada dan masih membunuh. Jika Anda tidak tahu apakah hewan peliharaan Anda telah divaksinasi, tidak ada salahnya untuk mengulang kursus. Tergantung pada keadaan, beberapa komponen vaksin booster mungkin tidak diperlukan setiap tahun. Dokter hewan Anda dapat memberi saran. Melakukan tes darah untuk mengukur antibodi pelindung dapat membantu.

Cacing anjing Anda

Cacing dewasa jarang terlihat sehingga Anda tidak dapat mengetahui apakah anjing Anda memiliki cacing hanya dengan melihat. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan pemeriksaan mikroskopis tinja untuk mendeteksi telur. Cacing gelang dapat menyebabkan penyakit pada manusia dan anjing. Anak anjing terinfeksi oleh ibu mereka; cacing hidup di usus dan bertelur di feses (kotoran). Tanah yang terkontaminasi feses menjadi sumber infeksi baik bagi manusia maupun anjing.

Anak anjing membutuhkan obat cacing setiap dua minggu sampai usia 12-14 minggu. Anjing dewasa membutuhkan obat cacing setidaknya empat kali setahun, atau lebih sering jika ada anak kecil atau cacat dalam rumah tangga. Mintalah saran dokter hewan Anda. Seluruh betina juga membutuhkan obat cacing saat mereka hamil, memberi makan anak anjing atau 30 hari setelah satu musim.

Cacing pita, cacing tambang, dan cacing cambuk tidak terlalu mengancam kesehatan kecuali ada dalam jumlah besar, tetapi perawatan rutin tetap harus diberikan, terutama jika anjing Anda diberi makan daging mentah atau berburu. Diskusikan seberapa sering dengan dokter hewan Anda. Beberapa cacing pita – yang terlihat seperti butiran beras di tinja – ditangkap dari kutu, sehingga pengobatan kutu juga diperlukan. Satu tablet untuk mengobati cacing gelang dan cacing pita dapat dibeli di dokter hewan.

Produk dan suntikan “spot on” dapat digunakan dalam kombinasi – tanyakan kepada dokter hewan Anda. Dalam hal produk toko hewan peliharaan, periksa apakah Anda memberikan dosis yang tepat untuk berat badan anjing Anda dan periksa jenis cacing mana yang dikendalikan oleh setiap perawatan.

Anjing juga bisa terinfeksi cacing yang hidup di jantung atau paru-paru. Beberapa jenis lungworm secara lokal umum di daerah Inggris, dan anjing yang memakan siput atau siput sangat rentan. Perawatan khusus tersedia; tanyakan kepada dokter hewan Anda apakah perawatan diperlukan di daerah Anda. Jika Anda membawa anjing Anda ke luar negeri, ikuti rekomendasi DEFRA, dan tanyakan kepada dokter hewan Anda tentang ancaman penyakit lain di daerah yang Anda kunjungi.

Selalu “bersihkan” ketika anjing Anda pergi ke toilet, karena ini mengurangi kemungkinan telur cacing mencemari lingkungan.

Kontrol kutu anjing

Kebanyakan anjing mendapatkan kutu di beberapa titik, dan mereka paling umum di musim panas. Mereka mungkin sulit dikenali karena mereka menghabiskan sedikit waktu sebenarnya untuk anjing. Kutu dan telur kutu dapat bertahan hidup di luar ruangan di musim panas. Perawatan secara teratur dianjurkan, terutama untuk hewan yang gatal. Aplikasi tunggal dari perawatan apa pun tidak cukup untuk kontrol yang efektif – perawatan biasanya perlu diulang setiap bulan.

Perawatan terbaik datang dari dokter hewan Anda. Toko hewan peliharaan dan produk supermarket kurang efektif – sisir kutu, kalung, dan sampo biasanya tidak membantu. Semua anjing dan kucing di rumah perlu dirawat seperti halnya di rumah (biasanya dengan semprotan, meskipun beberapa perawatan untuk hewan peliharaan juga membantu). Sangat penting untuk tidak memberikan perawatan anjing pada kucing.

Menyedot debu secara teratur mengurangi jumlah kutu, dan rumah harus dirawat setelah menyedot debu karena getaran merangsang penetasan telur kutu. Berikan perhatian khusus pada celah-celah gelap, seperti di sisi bawah bantal kursi dan papan pinggir bundar, karena telur menumpuk di celah-celah. Jangan lupa sertakan gudang mobil atau taman jika hewan peliharaan memiliki akses. Ingatlah untuk membaca semua instruksi untuk perawatan dengan seksama sebelum melanjutkan. Jika seekor anjing yang telah menjalani pengobatan kutu perlu dimandikan,

Merawat anjing Anda

Perawatan rutin sangat penting untuk semua anjing, bahkan yang berbulu pendek. Perawatan mingguan mengurangi kerontokan rambut di rumah. Anjing berbulu panjang membutuhkan perawatan lebih sering. Area di mana rambut sering kusut dan kotor termasuk perut, punggung kaki, dan rambut panjang di sekitar telinga. Jika ada kotoran dari telinga, konsultasikan dengan dokter hewan Anda.

Kelenjar anal anjing

Kelenjar anal adalah dua kantung penghasil aroma yang mengharumkan kotoran saat dikeluarkan. Kadang-kadang mereka tidak mengosongkan dengan benar dan dapat menyebabkan iritasi pada bagian bawah, yang membuat hewan peliharaan Anda banyak menjilat area ini atau “menggeser” pantatnya di tanah. Kelenjar tidak perlu perhatian rutin tetapi jika ada iritasi, temui dokter hewan Anda.

Perawatan gigi anjing

Gigi itu penting dan, sama seperti manusia, hewan mendapat manfaat dari perawatan gigi secara teratur. Gigi buruk yang dilapisi plak (mengandung bakteri) dapat merusak nafsu makan anjing Anda dan dapat menyebarkan infeksi di tempat lain di tubuh. Gigi kotor mengembangkan infeksi pada garis gusi dan menyebabkan bau busuk. Gusi surut dan gigi bisa mengendur. Menyikat gigi setiap hari akan mencegah masalah ini.

Pertama, lihat ke dalam mulut hewan peliharaan Anda. Warna gigi harus merata – putih atau putih pudar. Jika mereka berwarna abu-abu atau coklat, itu mungkin menunjukkan akumulasi plak. Apakah ada bau yang tidak sedap? Apakah gusi berwarna merah muda saat bertemu dengan gigi atau merah dan meradang? Apakah permukaan gigi terlihat bersih atau ada lapisan abu-abu kecokelatan, seperti sisik ketel?

Kecuali jika giginya terlihat bersih atau anjing Anda berusia di bawah satu tahun, periksakan mulutnya ke dokter hewan terlebih dahulu. Plak pada anjing dikeraskan oleh air liur, membentuk lapisan seperti beton. Menyikat tidak akan menghilangkan ini dan berkontribusi pada akumulasi plak lebih lanjut. Anestesi diperlukan untuk menjaga anjing Anda tetap diam saat plak dihilangkan dengan pembersih kerak ultrasonik. Mulut kemudian dapat diperiksa sepenuhnya dan gigi dicabut jika perlu.

Mulailah menyikat gigi anjing Anda sejak usia dini, meskipun anjing yang lebih tua dapat dilatih untuk menerimanya. Sikat gigi yang dirancang untuk manusia tidak ideal. Anjing memerlukan sikat dan pasta gigi khusus dari dokter hewan atau toko hewan peliharaan. Pasta gigi kami terlalu berbusa dan dapat menyebabkan iritasi lambung. Anda dapat menyikat gigi tanpa pasta gigi, tetapi pasta gigi dengan rasa yang enak dapat membantu prosesnya. Beberapa pasta gigi mengandung bahan kimia yang memperlambat akumulasi plak.

Menyikat gigi anjing Anda

Tunggu sampai hewan peliharaan Anda rileks sebelum upaya pertama Anda. Mulailah dengan memegang moncongnya dan menggosok gigi dengan jari Anda terlebih dahulu. Pastikan untuk memuji anjing Anda karena diam-diam mengizinkannya. Jangan mengambil sesuatu terlalu cepat – cobalah untuk menghentikan sesi sebelum hewan peliharaan Anda bosan atau mulai memberontak. Jika tidak, anjing Anda akan menemukan bahwa, dengan berjuang, ia dapat mengakhiri segalanya.

Anda dapat menggunakan kain lembut, yang dicelupkan ke dalam saus untuk rasa yang enak, pada jari Anda terlebih dahulu, lalu lanjutkan ke sikat saat hewan peliharaan Anda terbiasa menanganinya. Kendalikan moncong anjing dengan lembut di satu tangan (menekan terlalu keras dapat menimbulkan perlawanan). Jangan membuka mulut tetapi masukkan jari Anda dengan lembut ke dalam bibir. Ketika ini ditoleransi, lanjutkan menggunakan kuas pada sesi berikutnya.

Cobalah tanpa pasta gigi terlebih dahulu, lalu tambahkan pasta gigi saat anjing Anda mau disikat. Tekan pasta ke bulu sikat agar tidak terjilat. Pegang sikat sehingga bulu berada pada sudut ke gigi – sekitar 45 derajat. Anda mungkin dapat dengan lembut mengangkat bibir dengan jari-jari Anda untuk melihat giginya. Tujuannya adalah untuk menyikat setiap gigi, menggerakkannya dengan gerakan melingkar dan memasukkan daerah di mana gigi bertemu dengan gusi. Lakukan sekitar sepuluh pukulan pada setiap gigi. Cobalah untuk menyikat setiap hari.

Sangat penting untuk menyikat permukaan luar gigi dan terutama yang besar di belakang. Lakukan permukaan bagian dalam jika Anda bisa – membuat anjing Anda memegang mainan dengan gigi kecil di depan dapat membuat mulutnya tetap terbuka. Pastikan Anda selesai ketika anjing Anda masih berperilaku baik – pertahankan sesi yang singkat pada awalnya – dan ingatlah untuk selalu memuji perilaku yang baik.

Baca Juga : Pedoman Perawatan Kesehatan Pencegahan untuk Anjing

Menjaga kesehatan gigi anjing Anda

Cara lain untuk mencoba mengurangi pembentukan plak kurang efektif. Diet khusus adalah salah satu kemungkinan. Sering dikatakan bahwa makanan kering dan biskuit baik untuk gigi (walaupun pandangan ini akan mengejutkan dokter gigi kita sendiri!). Beberapa telah dipelajari untuk melihat apakah mereka benar-benar mengurangi plak jangka panjang.

Namun, ada satu atau dua jenis makanan kering yang tersedia melalui dokter hewan Anda di mana penelitian telah menunjukkan efektivitas dalam pengurangan plak. Beberapa memiliki kandungan serat yang lebih tinggi, yang memiliki efek menyikat pada gigi saat dikunyah. Lainnya membuat lapisan antibakteri pada gigi, yang memperlambat akumulasi plak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda tentang pilihan terbaik untuk anjing Anda.

Mengunyah gigi dapat membantu. Pilih yang keras dan kenyal – hindari yang keras karena berisiko merusak gigi. Potongan sayuran mentah juga baik untuk gigi anjing Anda. Menyikat gigi setiap hari tetap menjadi solusi terbaik.

Share this: