Tips Memelihara Hewan Peliharaan di Rumah

Tips Memelihara Hewan Peliharaan di Rumah

Tips Memelihara Hewan Peliharaan di Rumah – Memiliki hewan peliharaan di rumah dapat menjadi sesuatu yang istimewa bagi sebagian orang. Dengan adanya kehadiran makhluk lucu dan meggemaskan seakan membuat hari siapa saja menjadi semakin indah dan berwarna. Namun agar hewan peliharaan tetap sehat dan bersih, dibutuhkan upaya khusus untuk merawatnya. Di bawah ini adalah beberapa tips memelihara hewan peliharaan di rumah, khususnya kucing dan anjing.
– Kucing
Memelihara kucing akhir-akhir menjadi trending di kalangan milenial. Walaupun dikenal sebagai binatang yang malas, namun kucing tetap memiliki tempat tersendiri di hati para pecintan binatang. Sifatnya yangs setia dan sangat sangat menggemaskan membuat siapa saja yang melihatnya ingin segera membelainya dan membawanya pulang ke rumah. Menyayangi hewan berarti merawatnya dengan baik dan benar. Di bawah ini adalah beberapa tips dalam memelihara kucing.

1. Menyisir Bulu Kucing
Menyisir bulu kucing adalah hal yang paling utama yang dapat Anda lakukan setiap saat. Dengan menyisir kucing, Anda dapat memastikan bahwa kondisi kesehatannya sedang baik-baik saja atau tidak. Bulu kucing yang rontok dapat menjadi pertanda bahwa kesehatan kucing sedang tidak begitu baik. Dengan begitu, Anda bisa mulai memperhatikan asupan makanan dan minumannya, apakah cocok dengan makanan yang diberikan selama ini atau tidak.

2. Menggosok Gigi Kucing
Sama halnya dengan manusia, menjaga kesehatan gigi kucing juga sangat penting karena berpengaruh terhadap caranya mencerna makanan. Sikat gigi kucing minimal 2 hari sekali dengan sikat gigi khusus kucing dan lakukan selama kurang lebih 30 detik. Selain merawatnya sendiri di rumah, Anda juga dapat melakukan kontrol rutin ke dokter hewan.

3. Alas Tidur Yang Tepat
Memberi alas tidur yang tepat seperti selimut, alas tidur bahkan bantal yang tepat juga perlu. Karena kenyamanan saat tidur juga merupakan hal yang penting bagi kucing. Kualitas istirahat yang baik mempengaruhi kondisi kesehatan kucing.

Anjing
Memelihara anjing merupakan hal yang menyenangkan dan dapat dilakukan siapapun di rumah. Pasalnya, anjing merupakan hewan yang sangat cerdas dan setia kepada majikannya. Itulah mengapa, hidup berdampingan dengan anjing adalah ide terbaik untuk semua kalangan. Selain memeliharanya, seekor anjing juga harus mendapat vaksin dan perawatan yang baik agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga.

1. Memandikan Anjing
Anjing juga perlu dimandikan seperti halnya manusia. Tingginya aktivitas anjing juga berpengaruh terhadap produksi keringat anjing. Mandikan anjing 1 kali dalam seminggu menggunakan shampo khusus anjing agar kebersihan bulunya senantiasa terjaga. Jangan lupa agar tidak kedinginan, anjing juga harus dimandikan menggunakan air hangat dan dikeringkan menggunakan hairdryer setelah selesai mandi.

2. Memberi Makan Anjing
Hindari memberikan anjing dengan telur, cokelat dan makanan asin karena dapat mempengaruhi kesehatan bulu anjing. Anda dapat menggantinya dengan memberi makanan bernutrisi tinggi yang mengandung banyak lemak, vitamin, mineral dan lemak.

3. Mengajak Jalan Anjing
Mengajak jalan anjing juga merupakan hal yang wajib dilakukan. Alih-alih terus mengurungnya di dalam rumah/kandang, membawa anjing keluar untuk bermain lempar tangkap atau sekedar berjalan-jalan akan meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran anjing. Begitu juga dengan majikannya.Melatih Anjing.

Melatih anjing seperti memberi aba-aba ‘diam’ , ‘duduk’ , ‘hi 5’ dan sebagainya dapat melatih anjing semakin pintar. Selain itu, kegiatan disaat melatih anjing juga dapat meningkatkan bonding antara majikan dan hewan peliharaan. Dengan begitu, akan semakin tercipta ikatan yang kuat dan rasa kasih sayang.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *